Daftar Ketua Umum Partai Demokrat, dari Masa Jabatan Tersingkat hingga Terlama

Selasa, 11 April 2023 - 12:56 WIB
loading...
Daftar Ketua Umum Partai Demokrat, dari Masa Jabatan Tersingkat hingga Terlama
Partai Demokrat menjadi salah satu partai politik terkemuka di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat menjadi salah satu partai politik terkemuka di Indonesia. Berbicara tentang partai ini, rasanya cukup identik dengan sosok Presiden Indonesia keenam, yakni Susilo Bambang Yudhoyono.

Mengutip laman resminya, setelah rangkaian panjang pembentukannya, Partai Demokrat mendeklarasikan diri pada 17 Oktober 2002. Dalam riwayatnya, partai ini telah dipimpin oleh sekitar lima nama sampai saat ini.

Beberapa di antaranya ada yang menjabat cukup lama. Namun, sebagian lain hanya mengabdi dalam waktu yang relatif sebentar. Berikut nama-namanya yang diurutkan dari masa jabatan tersingkat hingga terlama.


Ketua Umum Partai Demokrat dari Masa Jabatan Tersingkat hingga Terlama

1. Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum bergabung dengan Partai Demokrat pasca mengundurkan diri dari KPU sekitar tahun 2005. Tak tanggung-tanggung, saat itu dia dipercaya sebagai ketua bidang politik dan otonomi daerah.

Sempat menjadi anggota DPR RI, Anas ditunjuk menjadi Ketua Fraksi Demokrat di DPR. Namun, dia meninggalkan posisi tersebut saat terpilih sebagai ketua umum Partai Demokrat pada 23 Mei 2010.

Sayangnya, di tengah jabatannya sebagai ketum Demokrat, Anas tersandung kasus korupsi pada tahun 2013. Pada akhirnya, dia harus mundur dan memutuskan keluar dari Partai Demokrat.

Sempat mendekam di penjara selama beberapa tahun, dia dikabarkan akan segera menghirup udara bebas pada Selasa, (11/4/2023).

2. Agus Harimurti Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono saat ini aktif menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat. Putra sulung SBY ini didaulat menjadi ketum partai saat menggantikan sang ayah pada 15 Maret 2020.

Sampai saat ini, tercatat AHY telah memimpin Demokrat selama kurang lebih 3 tahun. Menjelang musim Pemilu, namanya juga santer dikaitkan sebagai bakal calon Presiden atau Wakil Presiden di 2024 mendatang.


3. Subur Budhisantoso

Berikutnya ada nama Subur Budhisantoso. Pria kelahiran Garut, 27 Agustus 1937 ini dikenal sebagai salah satu tokoh pendiri Partai Demokrat.

Tercatat, dia pernah menjadi ketua umum Partai Demokrat pada periode 10 September 2001 hingga 23 Mei 2005 atau sekitar kurang dari empat tahun lamanya. Setelah tak menjabat ketum, Subur juga sempat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di era SBY.

4. Hadi Utomo

Hadi Utomo merupakan penerus dari Subur Budhisantoso. Purnawirawan TNI ini diketahui menjabat ketua umum Partai Demokrat pada 23 Mei 2005 hingga 23 Mei 2010 atau sekitar 5 tahun lamanya.

5. Susilo Bambang Yudhoyono

Apabila dibandingkan dengan beberapa nama ketua umum Demokrat di atas, SBY menjadi yang paling lama menjabat. Presiden Indonesia keenam tersebut sempat mengisi posisi ini selama dua periode.

Masing-masing adalah 2013-2015 serta 2015-2020. Barulah setelahnya SBY digantikan putra sulungnya, yakni Agus Harimurti Yudhoyono.

Itulah daftar ketua umum Partai Demokrat dari masa jabatan tersingkat hingga terlama.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)