5 Menpora dengan Masa Jabatan Tersingkat, Ada yang Hanya 2 Bulan Saja

Senin, 10 April 2023 - 19:43 WIB
loading...
5 Menpora dengan Masa Jabatan Tersingkat, Ada yang Hanya 2 Bulan Saja
Terdapat sedikitnya lima Menpora dengan masa jabatan tersingkat sepanjang sejarah. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima Menpora dengan masa jabatan tersingkat sepanjang sejarah . Salah satunya bahkan hanya menjabat sekitar dua bulan saja.

Sekadar informasi, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora) merupakan kepala dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia. Terbaru, saat ini Menpora dijabat oleh Dito Ariotedjo .

Melihat ke belakang, telah banyak tokoh Indonesia yang pernah mengisi jabatan Menpora. Dari sekian banyak, beberapa di antaranya tercatat hanya mengabdi sebentar atau tidak terlalu lama. Dilansir dari laman resmi Kemenpora, berikut nama-namanya.


Daftar Menpora dengan Masa Jabatan Paling Singkat

1. Agung Laksono

Agung Laksono merupakan salah seorang politikus senior di Indonesia. Dari sekian banyak jabatan penting yang pernah diduduki, dia tercatat pernah menjadi Ketua DPR periode 2004-2009.

Selain itu, sejumlah posisi Menteri juga pernah ditempati Agung Laksono. Adapun salah satunya adalah Menteri Negara Pemuda dan Olahraga di era Kabinet Pembangunan VII.

Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah ini menjabat sejak 16 Maret 1998 hingga 21 Mei 1998 atau sekitar 2 bulan saja. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu Menpora dengan masa jabatan tersingkat sepanjang sejarah.

2. Mahadi Sinambela

Berikutnya ada nama Mahadi Sinambela. Politisi Indonesia ini menjabat Menpora pada era Kabinet Reformasi Pembangunan.

Posisi tersebut didudukinya sejak 23 Mei 1998 hingga 26 Oktober 1999 atau sekitar 1 tahun 5 bulan.


3. Roy Suryo

Roy Suryo menjabat Menpora pada era pemerintahan Presiden SBY, tepatnya di Kabinet Indonesia Bersatu II. Dalam jabatannya, dia menggantikan Andi Mallarangeng yang saat itu tersandung kasus.

Posisi Menpora dijabat Roy Suryo pada periode 16 Januari 2019 hingga 20 Oktober 2014 atau sekitar 1 tahun 9 bulan.

4. Supeno

Pada era awal kemerdekaan Indonesia, Supeno juga pernah menjadi Menpora yang kala itu masih bernama Menteri Pembangunan/Pemuda. Dia menyemat jabatan ini saat menjadi bagian dari Kabinet Hatta I.

Posisinya sebagai Menpora dimulai sejak 29 Januari 1948 dan berakhir pada 4 Agustus 1949 atau hanya sekitar 1 tahun 5 bulan saja.

5. Wikana

Terakhir ada Wikana. Dikenal sebagai salah seorang pejuang kemerdekaan, pria kelahiran Sumedang ini pernah terlibat dalam peristiwa Rengasdengklok.

Melihat riwayatnya, Wikana tercatat sebagai Menpora pertama dalam sejarah. Saat itu, namanya masih Menteri Negara Urusan Pemuda.

Meski hanya menjabat kurang dari 2 tahun, namun Wikana telah mengisi jabatan tersebut pada 4 kabinet berbeda, yakni Sjahrir II, Sjahrir III, Amir Sjarifuddin I, dan Amir Sjarifudin II.

Demikian ulasan mengenai deretan Menpora dengan masa jabatan tersingkat sepanjang sejarah.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)