Presiden Jokowi Instruksikan Gubernur di Jawa Bersiap Sambut Mudik

Senin, 10 April 2023 - 11:49 WIB
loading...
Presiden Jokowi Instruksikan Gubernur di Jawa Bersiap Sambut Mudik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada kepala daerah di Pulau Jawa untuk bersiap menyambut mudik Lebaran . Persiapan matang dibutuhkan karena pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 123 juta orang.

"Mudik semuanya nanti utamanya yang menjadi tujuan-tujuan mudik Jawa Tengah di Pak Gub, di Jawa Timur Bu Gubernur, Jawa Barat Pak Gubernur, semuanya harus bersiap-siap menjelang mudik," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (10/4/2023).

Jokowi mengatakan, Lebaran tahun ini diperkirakan masyarakat yang mudik mencapai 123 juta. Angka tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu yang hanya 86 juta orang.


Selain kepala daerah, Jokowi mengingatkan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Menteri BUMN Erick Thohir bersiap menghadapi mudik Lebaran.

"Saya sudah memperingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN yang menyangkut tranportasi laut, para gubernur, para bupati, dan wali kota betul-betul menyiapkan diri karena melompat dari 86 juta ke 123-124 juta," kata Jokowi.

Presiden memerintahkan jalan tol yang konstruksinya selesai tahun ini dapat dimanfaatkan untuk dilintasi pemudik.

"Tol-tol yang konstruksinya sudah selesai ini menjelang Lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan. Setelah nanti Lebaran baru dicek lagi siap untuk operasionalkan secara lengkap," kata Jokowi.

Tol Cisundawu Difungsikan

Sementara itu, pemerintah mengoperasikan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) di Jawa Barat sejak 5 April 2023. Saat ini seksi 1,2, dan 3 tol tersebut telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur. Sementara seksi 4,5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional.

Tol Cisumdawu yang akan difungsikan adalah Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 kilometer. Rencananya, fungsional perdana untuk menghadapi arus mudik akan dimulai pada tanggal 15 April 2023.

"Ya ini kan salah satu jalur yang kita harapkan sudah bisa difungsikan fungsional pada saat lebaran nanti. Pak Menteri PUPR menyampaikan tanggal 15 April bisa selesai jalur ini, sehingga secara fungsional bisa digunakan untuk memperlancar mudik,” jelas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan resminya, Senin (10/4/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2845 seconds (0.1#10.140)