Soal Pegawai Walkout saat Rapat Bareng Firli Bahuri, Ini Kata KPK

Senin, 10 April 2023 - 10:11 WIB
loading...
Soal Pegawai Walkout saat Rapat Bareng Firli Bahuri, Ini Kata KPK
Kabag Pemberitaan Ali Fikri enggan mengomentari isu walkout pegawai asal Plri saat rapat dengan Ketua KPK Firli Bahuri. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Potongan rekaman suara saat rapat antara Pegawai Negeri Yang Dipekerjakan (PNYD) asal Polri dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Firli Bahuri beredar luas di jagat maya. Rapat membahas pemberhentian Brigjen Endar Priantoro dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan.

Dari rekaman yang beredar luas tersebut, para pegawai meminta agar Firli Bahuri meninjau ulang keputusannya memberhentikan Endar ke Polri. Tetapi Firli tak memberikan jawaban lugas. Alhasil, para pegawai memilih walkout atau keluar sebelum rapat tersebut selesai.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengamini rapat antara pegawai KPK asal Polri dengan salah satu pimpinan KPK pada Selasa, 4 April 2023. Dia menyebut rapat tersebut sebagai ajang ruang diskusi untuk meluruskan informasi terkait dicopotnya Brigjen Endar dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan.



"Pimpinan KPK, betul pada Selasa (4/4) telah bertemu dan membuka ruang diskusi bersama segenap pegawai yang bersumber dari Polri. Hal ini untuk meluruskan dinamika informasi yang berkembang baik di internal maupun eksternal," beber Ali melalui keterangan resminya, Senin (10/4/2023).

"Pertemuan tersebut juga sebagai lanjutan penjelasan sebelumnya yang telah disampaikan kepada seluruh insan KPK melalui email internal," sambungnya.

Tapi, Ali enggan mengomentari soal isu para pegawai asal Polri yang walkout atau keluar dari pertemuan tersebut karena tidak ada kepastian dari Firli Bahuri terkait pemberhentian Brigjen Endar. Ia justru berdalih bahwa rapat tersebut dilaksanakan agar tugas-tugas KPK dalam pemberantasan korupsi terus berjalan.

"Forum itu dimaksudkan agar pemberantasan korupsi tetap dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, bersama masyarakat guna memberikan kontribusi yang optimal bagi bangsa dan negara," terang Ali.

Ali juga berdalih bahwa rapat tersebut ditujukan untuk meyakinkan publik terhadap KPK melalui kerja-kerja nyata pemberantasan korupsi, baik dengan berbagai program internalisasi nilai antikorupsi bagi masyarakat. KPK juga mendorong dan mendampingi perbaikan sistem dan tata kelola institusi pemerintahan, serta penegakan hukum tindak pidana korupsi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)