Dewas KPK Terima Laporan Dugaan Firli Bahuri Bocorkan Penyelidikan di Kementerian ESDM

Sabtu, 08 April 2023 - 07:53 WIB
loading...
Dewas KPK Terima Laporan Dugaan Firli Bahuri Bocorkan Penyelidikan di Kementerian ESDM
Anggota Dewas KPK Albertina Ho mengaku telah menerima laporan adanya dugaan Ketua KPK Firli Bahuri membocorkan dokumen penyelidikan kepada Kementerian ESDM. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) telah menerima laporan adanya dugaan Ketua KPK Firli Bahuri membocorkan dokumen penyelidikan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dia diduga membocorkan dokumen KPK yang menginformasikan akan melakukan penyelidikan atas dugaan korupsi di Kementerian ESDM.

Anggota Dewas KPK Albertina Ho mengaku pihaknya telah menerima laporan yang menyeret nama Ketua KPK tersebut. Ia menegaskan Dewas KPK tengah mendalami laporan tersebut.



"Ada laporan benar dan masih diproses sesuai SOP di Dewas," ujar Albertina kepada MPI, Sabtu (8/4/2023).

Albertina menjelaskan hanya Firli Bahuri saja yang saat ini diperiksa dalam kasus dugaan pembocoran informasi terhadap Kementerian ESDM tersebut. Pasalnya, nama yang dilaporkan hanya jenderal purnawiran Polri itu.

"Yang dilaporkan Ketua KPK, Firli Bahuri. Untuk kasus lidik di (Kementerian) ESDM," tegas Albertina.

Sebelumnya, beredar pesan singkat berkaitan dengan informasi bocornya dokumen yang menyerupai hasil penyelidikan KPK atas kasus dugaan korupsi di Kementerian ESDM. Pesan singkat tersebut beredar dan viral di media sosial (medsos).

Pesan singkat itu menyebut adanya dugaan Pimpinan KPK membocorkan dokumen tersebut. Dalam pesan tersebut dijelaskan bahwa Pimpinan KPK berinisial Mr F diduga membocorkan dokumen menyerupai hasil penyelidikan KPK kepada Menteri ESDM.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menepis tuduhan seperti yang beredar di pesan singkat tersebut. Ali memastikan tidak ada kebocoran informasi terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian ESDM.

"Sejauh ini informasi yang kami terima, tidak benar ya seperti apa yang dituduhkan tersebut," kata Ali Fikri saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Kamis (6/4/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)