Terjaring OTT, Bupati Meranti M Adil Tiba di Gedung KPK Bawa Koper

Jum'at, 07 April 2023 - 16:57 WIB
loading...
Terjaring OTT, Bupati Meranti M Adil Tiba di Gedung KPK Bawa Koper
Bupati Meranti M Adil tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (7/4/2023). FOTO/MPI/ARIE DWI SATRIO
A A A
JAKARTA - Bupati Meranti M Adil tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (7/4/2023). Adil yang terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK itu datang membawa koper berukuran sedang.

Pantauan di lokasi, M Adil tiba di Gedung KPK pukul 16.17 WIB dengan dikawal sejumlah petugas. Ia tampak santai saat tiba di Gedung Merah Putih KPK.

Mantan Anggota DPRD Riau tersebut enggan buka suara saat dikonfirmasi soal penangkapannya. Adil memilih langsung masuk ke dalam lobi Gedung Merah Putih KPK. Petugas KPK langsung membawa Adil ke lantai dua Gedung KPK. Ia akan diperiksa intensif oleh tim KPK sebelum nanti ditentukan status hukumnya.



Untuk diketahui, tim penindakan KPK menggelar OTT di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, pada Kamis (6/4/2023). Salah satu yang diamankan dalam OTT tersebut yakni, Bupati Meranti M Adil.

Selain Adil, KPK juga mengamankan 24 orang lainnya yang di antaranya adalah Sekretaris Daerah (Sekda); Kepala Dinas (Kadis) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Meranti; hingga pihak swasta. Total ada 25 orang yang diamankan dalam OTT tersebut, termasuk Bupati Meranti.

"Sejauh ini tim KPK mengamankan 25 orang terdiri dari Bupati, Sekda, Kepala Dinas dan Badan, Kepala Bidang dan pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti serta ajudan Bupati dan pihak swasta," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Jumat (7/4/2023).



KPK juga berhasil mengamankan uang tunai yang diduga merupakan bukti suap. Uang tersebut saat ini sedang dalam proses penghitungan. Uang itu diduga berkaitan dengan korupsi pemotongan Uang Persediaan dan Ganti Uang Persediaan (UP/GUP) hingga pengadaan jasa umrah.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut. KPK akan mengumumkan secara terang siapa saja pihak-pihak yang ditangkap serta kronologi OTT di Kabupaten Kepulauan Meranti pada hari ini.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)