Awasi Kebiasaan Anak Naik Sepeda Motor

Kamis, 06 April 2023 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Selain peran orang tua, para pemangku kebijakan juga semestinya bisa melihat fenomena penyebab kecelakaan yang dialami kalangan anak dan remaja serta usia produktif lainnya.

Satu di antaranya karena kian mudahnya anak-anak dan remaja mengakses sepeda motor. Ini ditengarai sebagai imbas dari kian mudahnya masyarakat memperoleh sepeda motor melalui skema pembiayaan yang ditawarkan para produsen dan lembaga pembiayaan.

Mengutip pernyataan pengamat transportasi Djoko Setijowarno, ke depan pemerintah harus membuat kebijakan yang tidak hanya memikirkan sisi ekonomi, tanpa memperhatikan dampak sosial-antropologisnya.

Selain itu, Djoko mengingatkan agar hukum benar-benar ditegakkan. Perlu ada perbaikan sistem dalam tes untuk saat mendapatkan SIM. Jangan sampai ada lagi model pembuatan SIM yang asal tembak tanpa mengikuti prosedur yang berlaku.

Kita tentu tidak ingin ada lagi anak-anak atau remaja dan kalangan usia produktif menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, mari kita bersama-sama mengawasi anak-anak kita sejak dari rumah.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2964 seconds (0.1#10.140)