Selamatkan Pilot Susi Air, Panglima TNI Terus Upayakan Langkah Persuasif

Kamis, 06 April 2023 - 07:23 WIB
loading...
Selamatkan Pilot Susi Air, Panglima TNI Terus Upayakan Langkah Persuasif
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, terus mengupayakan langkah persuasif, dalam menyelamatkan pilot Susi Air, Kapten Philips Mark Marthens. Foto/Riana Rizkia/MPI
A A A
JAKARTA - Pilot Susi Air , Kapten Philips Mark Marthens hingga kini masih disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, pihaknya terus mengupayakan langkah persuasif untuk menyelamatkan pilot Susi Air tersebut.

Panglima TNI tak ingin menempuh cara militer, sebab hal tersebut dapat membahayakan nyawa sang pilot, serta masyarakat sipil.

"Kita tetap melaksanakan tugas untuk bisa membebaskan itu, tapi tentunya saya akan tetap melaksanakan secara persuasif, memanfaatkan tokoh agama, tokoh masyarakat maupun Bupati Nduga untuk bisa dilaksanakan secara persuasif," kata Yudo di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/4/2023).



"Kalau saya menggunakan operasi militer pun juga bisa, menyerang secara militer saya bisa, saya punya alat, punya apa namanya, punya prajurit yang profesional, tapi nanti siapa korbannya? Masyarakat pasti," sambungnya.

Terlebih, kata Yudo, kelompok penyandera memiliki skenario agar TNI menjadi pihak tertuduh pelaku pembunuhan Kapten Philips jika terjadi penyerangan secara militer.

"Apabila saya bebaskan dengan cara militer pasti nanti saya sudah monitor dari pembicaraan nanti kalau ketemu TNI bunuh saja ini, tembak saja ini, nah nanti biar TNI yang dituduh membunuh pilot ini. Nah saya enggak mau terjadi seperti itu," katanya.

"Sehingga kita usahakan secara persuasif, mereka bisa kita bebaskan dengan aman, kondusif, dan masyarakat pun juga tidak terdampak karena mereka bersama-sama terus dengan masyarakat dengan anak-anak," sambungnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3346 seconds (0.1#10.140)