Waspada! 4 Provinsi Ini Berpotensi Rawan Banjir di Bulan April 2023

Rabu, 05 April 2023 - 11:46 WIB
loading...
Waspada! 4 Provinsi Ini Berpotensi Rawan Banjir di Bulan April 2023
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan potensi bencana hidrometeorologi berupa banjir di Indonesia pada bulan April 2023. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan potensi bencana hidrometeorologi berupa banjir di Indonesia pada bulan April 2023. BMKG menyebut ada empat provinsi di Indonesia yang rawan kejadian bencana banjir.

“Daerah yang berpotensi rawan banjir tinggi yakni di Kalimantan Tengah (Kalteng) ada 2 kecamatan, Kalimantan Timur (Kaltim) ada 5 kecamatan, Sulawesi Selatan (Sulsel) 7 kecamatan, dan Papua sebanyak 13 Kecamatan,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Rabu (5/4/2023).



BMKG juga melaporkan wilayah yang diprediksikan masih akan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi yakni dengan curah hujan lebih dari 150 mm per dasarian di bulan April ini yakni di Jawa Timur bagian timur, Bali bagian utara, sebagian Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur bagian utara, dan Sulawesi Selatan bagian selatan.

Sementara itu, BMKG mengungkapkan saat ini sebanyak 7% wilayah Indonesia yang sudah memasuki musim kemarau. “Sebagian besar wilayah di Indonesia masih mengalami musim hujan dan hanya sekitar 7% wilayah yang sudah mulai memasuki musim kemarau.”

Oleh karena itu, BMKG juga meminta agar waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada bulan April ini. BMKG mengungkapkan wilayah Natuna Kepulauan Riau rawan potensi karhutla pada bulan April ini.

“Daerah dengan indeks kesesuaian iklim untuk kejadian titik panas kebakaran hutan dengan kategori risiko menengah yakni di Natuna Kepulauan Riau (2,9% dari total luas wilayah),” papar BMKG.



BMKG pun mengingatkan pada musim pancaroba atau peralihan seperti saat ini, masyarakat diimbau agar berhati-hati dan mewaspadai adanya perubahan cuaca yang dapat terjadi secara tiba-tiba.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)