KKIR-KIB Gagas Koalisi Besar, PDIP Sebut Tidak Jamin Kemenangan

Selasa, 04 April 2023 - 08:50 WIB
loading...
KKIR-KIB Gagas Koalisi Besar, PDIP Sebut Tidak Jamin Kemenangan
Ketua DPP PDIP Said Abdullah menilai positif wacana koalisi besar yang digagas KKIR dengan KIB dalam acara silaturahmi dengan Presiden Jokowi di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu 2 April 2023. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PDIP menilai positif wacana koalisi besar yang digagas Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam acara silaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu 2 April 2023.

"Koalisi besar terbentuk bukan soal mungkin dan tidak mungkin, kan tergantung dari sisi pertemuan-pertemuan itu namanya juga shalat Dzuhur bersama. Pastilah namanya pertemuan kemudian muncul gagasan pikiran untuk membentuk koalisi bersama," ujar Ketua DPP PDIP Said Abdullah dikutip, Selasa (4/4/2023).



"Apakah gagasan pikiran itu kemudian dijadikan sebuah konsep besar untuk menjadi sebuah koalisi besar, bagi kepentingan bangsa dan negara itu sah dan bagus sekali," lanjutnya.



Ditanya minat PDIP bergabung, menurut Said, partai berlambang banteng sejak awal memang akan bergotong royong bersama parpol lain untuk, baik dengan Golkar, PPP, PAN, Gerindra, PKB, bahkan semua partai. Itulah kenapa Ketua DPP PDIP Puan Maharani bersilaturahmi ke berbagai parpol. Karena tantangan ke depan semakin berat sehingga akan ringan dipikul bersama.

"Ya, semakin baik dan semakin ringan beban kalau dipikul bersama, karena tantangannya ke depan tidak semakin ringan, kan setiap periode, setiap presiden memiliki tantangan berbeda. Bahwa akan melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi, pasti. Akan tetapi tantangannya pasti berbeda," jelasnya.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR ini melanjutkan hanya saja besarnya koalisi tidak menjamin bisa menang di pemilu berkaca pada pemilu sebelummya. Karena kemenangan akan ditentukan figur calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), serta soliditas partai.

"Soal kemenangan atau tidak, tidak menjamin kemenangan. Yang menentukan kemenangan itu yang pertama tentu figur, kemudian soliditas partai," terang Said.

Lebih dari itu, Said menegaskan bahwa PDIP sampai hari ini tetap akan mengusung kader sendiri dan itu tidak akan berubah. "Tidak akan noleh kanan-kiri, walaupun tetap akan bekerja sama dengan kekuatan parpol lain," ucapnya.



Dia menambahkan PDIP terus menjalin komunikasi baik yang dilakukan Puan Maharani maupun komunikasi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP dan diakuinya bahwa wacana koalisi besar ini baru muncul ke permukaan hari ini.

"Kalau wacana koalisi besar ke permukaan ya baru hari ini. Tapi di pikiran semua elite memang penting membuat sebuah koalisi untuk bersama-sama mengawal bangsa ini ke depan," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)