Indonesia Gagal Gelar Piala Dunia U-20, Gus Muhaimin: Olahraga Harus Jauh dari Politik

Senin, 03 April 2023 - 21:17 WIB
loading...
Indonesia Gagal Gelar Piala Dunia U-20, Gus Muhaimin: Olahraga Harus Jauh dari Politik
Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin menyesalkan Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia disesali Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin. Menurutnya, batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 sangat menyesakkan dada.

"Banyak hal perlu dievaluasi akibat pembatalan tersebut. Tentu kejadian itu sangat menyesakkan dada dan bahkan rasanya itu perih, nyesel, setelah gagal baru nyeselnya luar biasa," kata dia dalam diskusi publik 'Bayang-bayang Sanksi FIFA dan Batalnya Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023).

Menurut Gus Muhaimin, tidak ada yang diuntungkan dari batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. "Kita benahi bersama-sama, persoalan-persoalan mendasar, ternyata bola tidak berdiri sendiri, bola menjadi bagian dari kesatuan semua komponen bangsa kita, termasuk politik, ekonomi, sosial, budaya. Dan ternyata politik menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kita, salah satunya politik internasional kita," tuturnya.



Wakil Ketua DPR RI itu menegaskan, tidak ada jalan lain, kecuali melakukan evaluasi secara komprehensif dan menata ulang dengan baik seluruh persepakbolaan Indonesia. Banyak hikmah yang dapat diambil dari pembatalan tersebut.



“Kepentingan olahraga harus menjadi kepentingan nasional. Tentu yang paling pokok meskipun kita ini di dalam dunia politik, kita setuju bahwa budaya, seni dan olahraga harus jauh dari kepentingan politik untuk menjaga objektivitas dan kemajuan itu semua, karena itu kepentingan olahraga menjadi kepentingan nasional," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8651 seconds (0.1#10.140)