Keuntungan Koalisi Indonesia Raya Bersatu Tanpa PDIP Menurut Pengamat

Senin, 03 April 2023 - 15:05 WIB
loading...
Keuntungan Koalisi Indonesia Raya Bersatu Tanpa PDIP Menurut Pengamat
Wacana bersatunya KIB dan KKIR di Pemilu 2024 mulai terlihat. Hal ini setelah seluruh ketua umum parpolnya kumpul bareng Presiden Jokowi, di Kantor DPP PAN. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wacana bersatunya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) di Pemilu 2024 mulai terlihat. Hal ini setelah seluruh ketua umum parpolnya kumpul bareng Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Kantor DPP PAN, Minggu 2 April 2023.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M Jamiluddin Ritonga menilai, peluang bergabungnya KIB dan KKIR menjadi Koalisi Indonesia Raya Bersatu sangat terbuka lebar. Terlebih desas-desus koalisi besar sudah didengungkan sejak awal oleh Ketum Golkar, Airlangga Hartarto.



Jamiluddin menyarankan, sebaiknya koalisi besar yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, PPP, dan PKB ini tak perlu melibatkan PDIP. Sehingga, Pemilu 2024 tetap memiliki tiga pasang capres dan cawapres.

"Koalisi besar tersebut diharapkan tidak melibatkan PDIP. Kalau ini terwujud, maka pada Pilpres 2024 diharapkan tetap ada tiga pasangan capres yang maju," kata Jamiluddin, Senin (3/4/2023).



Menurut dia, jika koalisi besar ini tanpa PDIP, maka nantinya parpol besutan Megawati Soekarnoputri tersebut mau tidak mau harus mengusung capres dan cawapres sendiri. Hal ini demi mencegah keterbelahan di Pemilu 2024.

"Dengan begitu, akan ada pasangan capres dari koalisi besar, PDIP, dan Koalisi Perubahan. Pilihan ini diharapkan dapat meminimalkan keterbelahan di tengah masyarakat," ucapnya.


Jika Hanya Dua Pasang Capres-Cawapres


Jamiluddin lalu mengungkap untung rugi adanya koalisi besar di Pemilu 2024. Peluang terjadinya hanya dua pasang capres-cawapres semakin besar juga.

"Plusnya, pasangan capres yang diusung berpeluang hanya dua. Kalau hal ini terwujud, maka Pilpres 2024 cukup satu putaran. Pilpres satu putaran dapat menghemat anggaran. Hal ini pas di tengah APBN yang relatif berat," tuturnya.

Sementara ruginya jika Koalisi Besar ini terbentuk, akan terjadi dua pasangan. Rakyat tidak banyak diberi alternatif pilihan. Padahal idealnya demokrasi diharapkan memberi lebih banyak pilihan. Apalagi masyarakat Indonesia yang begitu heterogen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3457 seconds (0.1#10.140)