Merajut Harmoni Petani Swadaya Kelola Sawit Berkelanjutan

Senin, 03 April 2023 - 12:31 WIB
loading...
A A A
PT Musim Mas sendiri telah mengantongi sertifikasi RSPO maupun ISPO karena diakui berhasil menerapkan pengelolaan dan produksi sawit secara berkelanjutan. Hal inilah menjadi modal utama untuk terjun membantu petani swadaya sehingga mampu mengelola kebun sawit dengan berkelanjutan.

Kini, ProgramTraning for Small Holderssukses membantu lebih 3.500 petani swadaya meraih sertifikasi RSPO dan 1400-an petani juga sudah tersertifikasi ISPO. Dengan meraih lisensi itu, petani akan lebih mudah untuk menjangkau akses finansial seperti pinjaman modal maupun akses jual produk ke pasar domestik maupun global.

Selain itu, lanjut Reza, para petani swadaya juga dibekali pengetahuan tentang memproduksi sawit yang berkualitas. Salah satu caranya, yakni menggunakan bibit sawit yang berkualitas, telah tersertifikasi, dan sudah banyak digunakan di perkebunan sawit milik perusahaan BUMN maupun swasta.

Menurut Reza, ada standar global maupun nasional yang saat ini digunakan untuk menentukan kualitas hasil sawit sehingga laik dan bisa diterima di pasar. Nilai ekonomi sawit ditentukan dari seberapa bagus tandan buah segar (TBS) yang dihasilkan.

"Jadi tidak asal tanam, tumbuh, kasih pupuk, berbuah. Ada banyak faktor lain juga yang menentukan kualitas dari sawit yang dihasilkan. Mulai dari memilih bibit kelapa sawit yang unggul, cara merawat, sampai tahu kapan waktu yang tepat panen sawit," ujarnya.

baca juga: Awas! Perkebunan Sawit di Indonesia Pelan-pelan Dikuasai Malaysia

Reza melanjutkan, jika ingin hasil budidaya sawit diterima di pasaran dan memiliki nilai jual, maka harus berstandar pada RSPO atau ISPO. Bagi perusahaan hal ini sudah menjadi hal wajib yang harus dipenuhi agar hasil produksinya dapat diakui dan diterima oleh pasar. Menurut dia, hal ini yang belum banyak dipahami oleh para petani swadaya. Dari kunjungan ke berbagai daerah, mayoritas kurang paham mengelola kebun sawit secara berkelanjutan.

"Inilah yang menjadi alasan Musim Mas memberikan pelatihan, pendampingan terhadap para petani swadaya. Tidak hanya di sekitar perkebunan kami, tapi juga ke petani-petani di daerah lain walaupun di sana tidak ada lahan kebun perusahaan," ujarnya.

PT Musim Mas juga menyediakanTrainingforTrainers:Small HoldersHub. Program ini melibatkan pemerintah, petani swadaya yang tersertikasi, petugas penyuluh lapangan (PPL), dan pihak terkait lainnya untuk membantu meningkatkan pemahaman dan keahlian petani sawit di daerah lainnya. Semua program tersebut telah berkembang dan sudah menjangkau lebih dari 40.000 petani swadaya di tujuh provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

baca juga: Kementan Perkuat Peran Penyuluh Swadaya dan Swasta di Perkebunan Sawit
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)