Karier Militer Brigjen TNI Deddy Suryadi, dari Komandan Batalyon hingga Jadi Danjen Kopassus

Sabtu, 01 April 2023 - 12:18 WIB
loading...
Karier Militer Brigjen TNI Deddy Suryadi, dari Komandan Batalyon hingga Jadi Danjen Kopassus
Brigjen TNI Deddy Suryadi kini telah dipercaya oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono untuk mengemban tugas sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Brigjen TNI Deddy Suryadi kini telah dipercaya oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono untuk mengemban tugas sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus). Dia menggantikan Mayjen TNI Iwan Setiawan yang dipindahtugaskan sebagai Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura.

Mutasi jabatan ini tertera dalam surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/338/III/2023. Terkait pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia itu tertanggal 29 Maret 2023.


Karier Militer Brigjen TNI Deddy Suryadi

Karier militer Brigjen TNI Deddy Suryadi dimulai setelah lulus Akademi Militer (Akmil) di tahun 1996 dan menjabat sebagai Komandan Batalyon 22 Grup 2/Sandi Yudha.

Kedudukan pertamanya di satuan Kopassus terjadi ketika menjabat sebagai Komandan Detasemen Markas (Dandenma). Sebelum akhirnya dipindah pada 2014 untuk mengisi jabatan Komandan Kodim 0623/Cilegon.

Dua tahun berselang, Deddy kembali ke satuan Grup 2/Sandi Yudha untuk menjadi Komandan. Tahun 2017 bisa dibilang jadi masa keemasan pria asal Bandung ini, lantaran dipercaya untuk menjadi Ajudan Presiden Joko Widodo.

Setelah menjadi Ajudan Presiden, Deddy lalu ditunjuk untuk menjadi Perwira Menengah Detasemen Markas Mabesad di tahun 2019.

wi

Pria kelahiran 14 September 1973 ini kembali dimutasi pada tahun 2020 untuk mengemban tugas sebagai Kepala Staf Resor Militer (Kasrem) 061/Suryakancana.

Jabatannya lalu naik pada tahun 2021, ketika Deddy dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan Resor Militer 074/Warastratama.

Tak berselang lama, penerima penghargaan lulusan terbaik Dikreg XLVIII Seskoad 2010 ini kembali ke Kopassus untuk menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus.

Kurang lebih setahun telah menjabat Wadanjen Kopassus, Deddy harus berpindah tugas jadi Kasdam IV/Diponegoro untuk periode 2022-2023. Akhirnya, pada 29 Maret 2023, Deddy kembali ke Kopassus, satuan elite Angkatan Darat sebagai Komandan Jenderal.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)