Daftar Panglima Kogabwilhan II, Nomor 3 Telah Tutup Usia

Sabtu, 01 April 2023 - 06:01 WIB
loading...
Daftar Panglima Kogabwilhan II, Nomor 3 Telah Tutup Usia
Daftar Panglima Kogabwilhan II atau Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II dari awal terbentuk sudah ada empat figur yang mengemban jabatan tersebut. Foto/tnimilid
A A A
JAKARTA - Daftar Panglima Kogabwilhan II atau Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II dari awal terbentuk sudah ada empat figur yang mengemban jabatan Kogabwilhan II tersebut. Keempat figur tersebut berasal dari korps penerbang.

Dikutip dari laman resmi tni.mil.id, Sabtu (1/4/2023), Kogabwilhan II dibentuk tahun 2019 melalui Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer.

Saat itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, memimpin langsung upacara peresmian Kogabwilhan, bertempat di Taxiway Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (27/9/2019).



Dalam upacara peresmian Kogabwilhan tersebut Panglima TNI mengambil sumpah serta melantik tiga Pangkogabwilhan yaitu Pangkogabwilhan I Laksda TNI Yudo Margono (sebelumnya menjabat Pangkoarmada I), Pangkogabwilhan II Marsda TNI Fadjar Prasetyo (sebelumnya menjabat Pangkoopsau I), dan Pangkogabwilhan III Mayjen TNI Ganip Warsito (sebelumnya menjabat Asops Panglima TNI).

Kogabwilhan dibentuk dalam rangka mengantisipasi gangguan pertahanan dan keamanan nasional dan Kogabwilhan merupakan Kotamaops TNI berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI.

Bertugas sebagai penindak awal dan pemulih bila terjadi konflik, baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan sebagai penangkal bila terjadi ancaman.

Berikut tiga figur yang pernah menjabat Kogabwilhan II dan satu Panglima Kogabwilhan II saat ini, yakni:

1. Marsekal TNI Fadjar Prasetyo

Daftar Panglima Kogabwilhan II, Nomor 3 Telah Tutup Usia

Foto/Istimewa

Menjabat Panglima Kogabwilhan II dari tahun 2019 sampai tahun 2020. Alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988 ini berasal dari Korps Penerbang (Tempur), yang kini menjabat KSAU.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)