Dave Laksono Tekankan Pentingnya Kerja Sama Antarnegara dalam Memerangi Kemiskinan

Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:27 WIB
loading...
Dave Laksono Tekankan Pentingnya Kerja Sama Antarnegara dalam Memerangi Kemiskinan
Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno Laksono menekankan pentingnya kerja sama antarnegara untuk memerangi kemiskinan, Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno Laksono menekankan pentingnya kerja sama antarnegara untuk memerangi kemiskinan, keterbelakangan, dan kebodohan.

Hal itu disampaikan Dave dalam Forum Perjuangan melawan Neokolonialisme yang diinisiasi Partai Rusia Bersatu (United Russia) pimpinan mantan Presiden Rusia 2008-2012 Dimitry Medvedev, Jumat (31/3/2023).

Menurut Dave, sejarah kelam penindasan struktural melalui penjajahan dunia pada prinsipnya telah menjadi bagian dari sejarah dominasi dan eksploitasi manusia terhadap manusia. Di berbagai penjuru dunia, kata Dave, masih banyak penderitaan kaum tertindas baik petani, buruh, nelayan dan kaum miskin kota.



“Penderitaan ini jauh melampaui batas negara, lintas agama, lintas suku, ras, dan batas geografis. Perang, ketimpangan, kelaparan, pendidikan rendah, pengangguran, kerusakan lingkungan dan kemiskinan adalah bukti nyata penjajahan yang terjadi hampir di seluruh penjuru dunia, mulai dari Asia, Amerika Latin hingga Afrika,” katanya.



Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 ini mengatakan, Indonesia adalah bangsa yang telah lama menderita oleh penjajahan mulai dari zaman Portugis, Inggris, Belanda hingga Jepang. Bahkan setelah kemerdekaan, neo-kolonialisme-imperialisme masih menggedor pintu kemerdekaan Indonesia dan berusaha meruntuhkan pilar-pilar jembatan emas kemerdekaan.

“Tetapi orang Indonesia telah mengalami kemajuan. Kini eskalasi tuntutan kedaulatan rakyat pun semakin hari semakin meningkat. Hal ini selaras dengan solidaritas masyarakat di seluruh dunia yang terus tumbuh melawan penindasan,” ujarnya.

Dave menilai, perlunya mempererat kerja sama terutama antarbangsa yang tertindas khususnya dalam memperhatikan aspek peningkatan kualitas sumber daya manusia, hubungan kemanusiaan yang lebih luas untuk bersama-sama memerangi kemiskinan, keterbelakangan dan kebodohan.

“Ketiga hal tersebut merupakan musuh kita bersama yang nyata dalam membangun bangsa, ekonomi dunia, dan peradaban manusia yang lebih baik sesuai dengan harkat dan martabat manusia. Hanya dengan solidaritas rakyat yang kuat, neokolonialisme imperialisme dapat segera ditumbangkan,” jelasnya.

Dave menyebut, acara yang digelar Partai Rusia Bersatu tersebut sangat baik dalam memperkuat hubungan antarnegara dan membangunan tatanan dunia yang lebih baik lagi. “Ini sebagai bentuk kerja sama Partai Golkar dengan Partai Rusia Bersatu dan ini kegiatan yang bagus,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)