Survei Polmark: Elektabilitas Cak Imin Melejit, Masuk Lima Besar Nasional dan Berjaya di Jatim

Jum'at, 31 Maret 2023 - 07:48 WIB
loading...
Survei Polmark: Elektabilitas Cak Imin Melejit, Masuk Lima Besar Nasional dan Berjaya di Jatim
Nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masuk lima besar peringkat bakal calon presiden (bacapres) berdasarkan hasil survei PolMark Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masuk lima besar peringkat bakal calon presiden (bacapres) berdasarkan hasil survei PolMark Indonesia. Bahkan, nama Cak Imin di Jawa Timur menggungguli Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa.

CEO PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fatah mengatakan, elektabilitas bacapres nasional hingga survei ini dirilis masih dipegang oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (22,8%), Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (17,4%), mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (13,9%), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (5,2%). Nama Cak Imin (4,8%) kini muncul dan melesat di posisi kelima.

Dia secara khusus menyoroti melesatnya elektabilitas Cak Imin yang kini masuk dalam lima besar. “Hal yang mengejutkan adalah masuknya nama Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang berhasil menembus lima besar, dengan perolehan suara sebanyak 4,8%. Padahal selama ini nama Muhaimin bahkan kerap tak masuk dalam survei dan tak jelas popularitasnya,” ujarnya saat merilis hasil survei mereka bertajuk Peta Kompetisi Menuju Pilpres 2024 di Jakarta pada Kamis (30/3/2023).

Survei Polmark: Elektabilitas Cak Imin Melejit, Masuk Lima Besar Nasional dan Berjaya di Jatim

Foto/Istimewa



Posisi Cak Imin menurut hasil survei itu kini mengungguli Menparekraf Sandiaga Uno (2,0%), Ketua DPR Puan Maharani (1,7%) dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY (1,7%). Bahkan Cak Imin juga jauh melampaui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (1,3%) dan Menteri BUMN Erick Thohir (1,0 %).

Tingginya posisi Cak Imin dinilai membuatnya layak diperhitungkan sebagai salah satu bacapres yang kuat dukungan. Apalagi hingga saat ini Cak Imin masih menjadi Ketua Umum PKB, partai dengan basis Nahdliyin yang paling besar.

Di samping itu, nama Cak Imin masuk dalam tiga besar di Jawa Timur. Wilayah ini kerap disebut sebagai salah satu wilayah kunci untuk memenangkan pertarungan politik.

Pasalnya, Jawa Timur masuk dalam wilayah tiga besar perolehan suara nasional dan dikenal sebagai basis NU. Cak Imin berhasil mencuri perhatian dan meraup perolehan suara hingga 11,5% dan berada di peringkat ketiga.

Peringkat pertama masih dipegang oleh Ganjar Pranowo (24,0%) dan peringkat kedua adalah Prabowo Subianto (14,2%). Di wilayah kunci ini, suara Cak Imin bahkan melampaui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (5,8%) yang namanya lebih populer dan selalu disebut sebagai salah satu kandidat terkuat untuk bacawapres.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)