Tegas Tolak Timnas Israel, PDIP: Jangan Kita Kompromikan Ideologi Bangsa demi Selera Pasar

Rabu, 29 Maret 2023 - 14:44 WIB
loading...
Tegas Tolak Timnas Israel, PDIP: Jangan Kita Kompromikan Ideologi Bangsa demi Selera Pasar
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan sikap PDIP menolak Timnas Israel bermain di Piala Dunia U-20 di Indonesia. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) menegaskan sikapnya menolak Tim Nasional ( Timnas) Israel bermain dalam Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu menyatakan tidak akan mengkompromikan ideologi bangsa demi selera pasar.

Hal ini ditegaskan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terkait keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia. Menurutnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan, memotivasi, dan mengajak para pengurus serta kader partai se-Indonesia agar teguh memegang jalan ideologi bangsa dan partai.

Dalam rapat partai, PDIP membahas masalah yang dihadapi negara maupun bangsa, di antaranya terkait kondisi ekonomi dan dinamika geopolitik dunia, termasuk situasi di Timur Tengah, khususnya Israel yang dikecam dunia akibat berbagai tindakannya melanggar aturan perdamaian dunia yang dibuat Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga: Presiden Jokowi: Keikutsertaan Timnas Israel Tak Ganggu Dukungan Indonesia ke Palestina

Tak ketinggalan PDIP juga membahas berbagai masalah pemerintahan, termasuk mengenai polemik Piala Dunia U-20 terkait kepesertaan Tim Israel. Megawati, kata Hasto, selalu mendorong agar semua pihak teguh memegang jalan ideologi Pancasila dengan berlandas pada sejarah bangsa, utamanya di masa Proklamator dan Presiden Pertama Soekarno.

"Penguatan ideologi kita ini sangat penting. Jangan, misalnya, kita kompromikan ideologi kita demi selera pasar. Yang demikian itu tidak akan langgeng dan panjang umurnya. Justru dengan ideologi itu kita memimpin pergerakan masyarakat Indonesia dan dunia," kata Hasto, Rabu (29/3/2023).

"Jadi kita harus betul memahami ideologi dan kebijakan utama partai. Karena banyak yang ikut arus dalam menyikapi berbagai perbedaan pendapat yang ada," ujar Hasto.

Pengalaman PDIP sebagai partai politik membuktikannya. Walau pernah kalah dalam pemilu 2004 dan 2009, PDIP justru teguh memegang jalan ideologi. Dalam kajian akademis, kata Hasto, ternyata partai tidak boleh berubah hanya karena elektoral, selera pasar. Ketetapan pada ideologi itu justru membuat PDIP makin kokoh dan menjadi pemenang di dua pemilu berikutnya.

Baca juga: Jokowi Bangga Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20: Saat Ditunjuk Kita Belum Tahu Tim Peserta

Ia mencontohkan dalam konteks Piala Dunia U-20, PDIP mendukung sepenuhnya upaya mengangkat harkat, dan martabat nasional melalui prestasi olahraga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)