Mengenal 3 Ibu Negara Indonesia Berdarah Minang

Rabu, 29 Maret 2023 - 10:25 WIB
loading...
Mengenal 3 Ibu Negara Indonesia Berdarah Minang
Terdapat tiga ibu negara Indonesia yang berdarah Minang. Salah satunya Fatmawati. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga ibu negara Indonesia yang berdarah Minang . Salah satu di antaranya adalah istri dari mantan Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno .

Minangkabau merupakan salah satu dari daerah Indonesia yang melahirkan putra-putri terbaik bangsa. Beberapa diantaranya telah menjadi istri seorang Presiden Republik Indonesia.


Ibu Negara Indonesia Berdarah Minang

Berikut tiga ibu negara Indonesia yang berdarah minang :

1. Fatmawati

Fatmawati adalah wanita berdarah Minang yang lahir pada 5 Februari 1923. Dirinya merupakan putri dari pasangan asli Suku Minangkabau, Sumatera Barat, yaitu Hasan Din (1905–1974) dan Siti Chadijah.

Fatmawati merupakan istri ketiga dari Presiden Soekarno. Dirinya menjadi ibu negara sejak tahun 1945 hingga tahun 1967 atau akhir dari suaminya menjadi presiden.

Fatmawati menikah dengan Soekarno pada tanggal 1 Juni 1943. Dari pernikahannya itu dikaruniai lima orang putra dan putri, yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Ibu dari Presiden kelima ini meninggal pada tanggal 14 Mei 1980 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kala itu Fatmawati terkena serangan jantung saat melakukan perjalanan pulang umroh dari Mekah dan dimakamkan di Karet Bivak, Jakarta.

Menjadi istri sang proklamator kemerdekaan, Fatmawati memiliki peranan penting pada saat itu. Dirinya dikenal akan jasanya dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang turut dikibarkan pada saat upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945.

2. Mufidah Mi'ad

Mufidah atau yang dikenal dengan Mufidah Jusuf Kalla juga merupakan ibu negara yang berdarah Minang. Sesuai namanya, dirinya merupakan istri dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

Pemilik nama lengkap Mufidah Mi'ad Saad lahir pada tanggal 12 Februari 1943 di kota Sibolga, Sumatera Utara.

Dirinya lahir dari pasangan H. Buya Mi'ad (ayah) dan Siti Baheram (ibu), pasangan perantau Minang asal Lintau Buo, Tanah Datar, Sumatera Barat yang menetap di Sibolga sebelum berpindah ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Saat menjadi istri wakil presiden selama 2 periode yang tidak berurutan, Mufidah pernah menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) hingga tahun 2015.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)