Drawing Piala Dunia U-20 Batal Digelar di Indonesia, DPR: Harus Ada Rencana Cadangan

Selasa, 28 Maret 2023 - 10:05 WIB
loading...
Drawing Piala Dunia U-20 Batal Digelar di Indonesia, DPR: Harus Ada Rencana Cadangan
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi merespons langkah FIFA yang membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali pada 31 Maret 2023. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi merespons langkah FIFA yang membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali pada 31 Maret 2023. Politikus Partai Demokrat meminta pemerintah menyiapkan rencana cadangan dalam menyikapi langkah Federasi Sepak Bola Internasional tersebut.

"Harus ada contingency plan (rencana cadangan), misal ditawarkan drawing di daerah lain di Indonesia yang pemdanya siap," ujar Dede Yusuf saat dihubungi, Senin (27/3/2023).

Terlepas dari itu, kata dia, Indonesia sudah harus siap sejak awal apabila ingin mengajukan diri sebagai penyelenggara Piala Dubia U-20. Termasuk, menerima Timnas Israel untuk bertanding.





"Harusnya sudah diperhitungkan soal ini. Jangan sampai pas di ujung mata baru dimasalahkan. Karena hajat ini hajat FIFA, dan kita ikut bidding sebagai tuan rumah dengan segala konsekuensinya. Sehingga siapa pun yang diundang FIFA harus kita hormati," tuturnya.

Kendati ada penolakan, dia menilai akan ada dampak bagi Indonesia. Salah satunya, FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali.

Bahkan, sambungnya, dampak terburuk bisa menjegal Timnas Indonesia U-20 dapat berlaga di ajang bergengsi tersebut. "Tentu hal ini akan berdampak jika sampai pembatalan drawing atau bahkan pencabutan tuan rumah. Bisa dialihkan ke negara lain, dan tim U-20 Indonesia bisa terancam tidak main," ungkapnya.

Diketahui, Indonesia akan menggelar Piala Dunia-20 2023 mulai 20 Mei - 11 Juni. Namun, lokasinya terancam dipindah setelah FIFA membatalkan drawing yang seyogianya akan dihelat pada 31 Maret 2023 di Bali.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Argentina siap menggantikan Indonesia jika batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Meski demikian, ada kemungkinan Indonesia tetap menggelar turnamen sepak bola kelompok usia ini. Sebab, FIFA masih melakukan inspeksi di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)