Ramadan Tiba, 6 Kata Ini Sering Muncul

Rabu, 22 Maret 2023 - 22:53 WIB
loading...
Ramadan Tiba, 6 Kata Ini Sering Muncul
Suasana Tarawih pertama di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2023) malam. Foto/Riyan Rizki Roshali
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadan tiba. Enam kata berikut ini sering muncul setiap Ramadan tiba. Apa saja keenam kata tersebut dan apa maknanya?

Ramadan , berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merupakan kata benda. Dalam kbbi.web.id, Ramadan bermakna bulan ke-9 tahun Hijriah (29 atau 30 hari), pada bulan ini orang Islam diwajibkan berpuasa.

Melalui Sidang Isbat di Kementerian Agama (Kemenag), pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Sebelumnya, Muhammadiyah juga telah menetapkan puasa Ramadan 1444 H dimulai 23 Maret 2023. Artinya, Rabu (22/3/2023) malam ini umat Islam di Indonesia melaksanakan tarawih perdana.

6 Kata Populer saat Ramadan


Berikut ini SINDOnews tampilkan 6 kata yang sering digunakan orang saat berkomunikasi atau banyak dicari selama Ramadan. Tak ketinggalan, disertakan pula makna dari 6 kata tersebut.

1. Imsakiah

Imsakiah memiliki arti jadwal yang menetapkan waktu salat, termasuk imsak setiap hari. Dalam penulisan sehari-hari, ada juga yang menulis imsakiyah. Namun, yang perlu diketahui, dalam KBBI penulisan yang baku adalah imsakiah.

2. Sahur

Sahur termasuk kata kerja. Kata sahur memiliki makna makan pada dini hari (disunahkan menjelang fajar sebelum subuh) bagi orang-orang yang akan menjalankan ibadah puasa. Contoh penggunaannya dalam percakapan sehari-hari: Biasanya kami sahur sekitar pukul tiga.

3. Tarawih

Ramadan Tiba, 6 Kata Ini Sering Muncul

Suasana Tarawih perdana di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/3/2023). Foto/Riyan Rizki Roshali

Tarawih bermakna salat sunah pada malam hari (sesudah Isya, sebelum Subuh) pada bulan Ramadan (bulan puasa). Sementara, Bertarawih masuk kata kerja. Maknanya adalah melakukan salat tarawih.



Ada juga yang menggunakan kata taraweh atau teraweh dalam perbincangan sehari-hari. Namun, yang perlu diketahui, kata yang baku menurut KBBI adalah tarawih.

4. Bukber

Bukber juga menjadi salah satu kata yang sering disebut pada bulan Ramadan. Biasanya, kita melakukan bukber bersama keluarga, teman sekantor, kolega, teman satu komunitas, atau orang-orang spesial.

Ternyata kata bukber juga sudah dalam kbbi.kemdikbud.go.id. Kata bukber ini merupakan akronim yang artinya adalah buka puasa bersama.

5. Takjil

Ramadan Tiba, 6 Kata Ini Sering Muncul

Pedagang takjil melayani pembeli jelang berbuka puasa. Foto/Dok MPI

Kata takjil memiliki dua arti. Takjil yang masuk dalam kata kerja memiliki makna mempercepat (dalam berbuka puasa). Sementara, dalam kbbi.kemdikbud.go.id, kata takjil juga masuk dalam kata benda atau nomina. Makna dari kata ini adalah makanan untuk berbuka puasa.



Maka, tak heran jika sehari-sehari selama bulan Ramadan banyak orang memakai istilah berburu takjil atau berbagi takjil.

6. Tadarus

Dalam kbbi.kemdikbud.go.id, tadarus berarti pembacaan Al-Qur'an secara bersama-sama (dalam bulan puasa). Sehari-hari, orang kadang menyebutnya tedarus. Namun, yang perlu kita ingat, kata bakunya adalah tadarus.



Demikian informasi tentang 6 kata yang sering muncul pada bulan Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)