Prabowo Turut Dampingi Jokowi Resmikan Papua Youth Creative Hub

Selasa, 21 Maret 2023 - 13:55 WIB
loading...
Prabowo Turut Dampingi Jokowi Resmikan Papua Youth Creative Hub
Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke daerah Abepura, Jayapura, Papua, turut didampingi oleh Menhan Prabowo Subianto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Jayapura, Papua, turut didampingi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto . Kedatangan Jokowi tersebut dalam agenda peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dan peluncuran produk kreatif di Abepura, Selasa (21/3/2023).

Prabowo yang juga hadir bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Menteri Investasi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), Kepala Staf Kepresidenan, PLH Gubernur Papua, meninjau gedung PYHC sebagai pusat atau wadah kreativitas anak muda Papua.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan, Youth Creative Hub di Papua ini adalah yang pertama dibangun di Indonesia. Ia pun berencana pusat kreativitas serupa juga dibangun di wilayah lainnya pada tahun ini.

"Saya juga minta agar dibangun di NTT, Papua Barat, Maluku dan Aceh, mulai tahun ini. Supaya dapat selesai tahun depan. Ditiru saja semua yang ada di sini, karena sudah sangat bagus," ungkap Jokowi.

Baca juga: Ketika Mama Papua Mengalungkan Noken ke Jokowi

Pembangunan Tak Lagi Berpusat di Jawa

Hal tersebut dikarenakan, Jokowi ingin menjadikan pembangunan di Indonesia tak hanya lagi berpusat di Jawa Centris, tapi Indonesia Centris. "Tanah Papua menjadi prioritas pembangunan," kata dia.

Terlebih, Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2035 yang sebagian besar penduduk Indonesia berusia produktif, khususnya di Papua akan muncul 2,6 juta atau 60 persen penduduk Papua dan Papua Barat adalah anak-anak muda.

"Hal ini memerlukan wadah, kesempatan kerja, dan peluang kerja," jelasnya.

Selain meresmikan gedung PYCH, Jokowi bersama Prabowo beserta rombongan lainnya juga melakukan kunjungan ke Pasar Youtefa Lama dan meninjau food estate di Kabupaten Keerom.

Sehari sebelumnya, Senin (20/3/2023), Prabowo juga menghadiri rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Jokowi, bersama jajaran pengamanan wilayah Provinsi Papua, di Ruang Cendrawasih, Swiss-belhotel Jayapura, Kota Jayapura.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menekankan kepada seluruh jajaran TNI dan Polri turut mengawal pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Papua.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)