3 Kapolda dengan Masa Jabatan Terlama di Pulau Jawa, Rata-rata Memasuki 2 Tahun Lebih

Jum'at, 17 Maret 2023 - 14:31 WIB
loading...
3 Kapolda dengan Masa Jabatan Terlama di Pulau Jawa, Rata-rata Memasuki 2 Tahun Lebih
Terdapat sejumlah Kapolda dengan masa jabatan terlama di Pulau Jawa. Salah satunya Irjen Pol Ahmad Lutfi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Kapolda dengan masa jabatan terlama di Pulau Jawa . Dari sekian nama, rata-rata di antaranya telah memasuki waktu dua tahun lebih.

Pada status jabatannya, Kepala Kepolisian Daerah atau biasa dikenal sebagai Kapolda memimpin sebuah Polda. Dari sekian nama yang aktif di bertugas di pulau Jawa, beberapa di antaranya tercatat telah menjabat dalam waktu yang cukup lama.

Daftar Kapolda Aktif dengan Masa Jabatan Terlama di Pulau Jawa

Berikut tiga Kapolda aktif dengan masa jabatan terlama di Pulau Jawa.

1. Irjen Pol Ahmad Luthfi - Kapolda Jawa Tengah

Irjen Pol Ahmad Luthfi merupakan salah seorang perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Saat ini, dia tengah aktif menjabat Kapolda Jawa Tengah.

Irjen Pol Ahmad Luthfi lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 22 November 1966. Dalam riwayatnya, dia tercatat sebagai lulusan Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepa Milsuk) angkatan ke-2 tahun 1989.

Pada tugasnya sebagai Kapolda Jateng, dia sebelumnya dilantik pada 8 Mei 2020 oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Mengacu tanggal tersebut, saat ini Ahmad Luthfi telah menjabat Kapolda selama kurang lebih 2 tahun 10 bulan dan akan genap 3 tahun pada bulan Mei mendatang.

Sebelum menjadi Kapolda Jateng, sederet jabatan strategis juga pernah disandang jenderal polisi bintang dua ini. Di antaranya adalah Kapolresta Surakarta (2015), Analis Kebijakan Madya bidang Sosbud Baintelkam Polri (2017), hingga Wakapolda Jawa Tengah (2018).


2. Irjen Pol Muhammad Fadil Imran - Kapolda Metro Jaya

Berikutnya ada nama Irjen Pol Fadil Imran. Dia merupakan Kapolda aktif yang bertugas di Polda Metro Jaya.

Fadil Imran lahir di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan, pada 14 Agustus 1968. Tercatat, dia merupakan alumni Akademi Kepolisian tahun 1991.

Dia menyemat jabatan Kapolda Metro Jaya setelah dilantik Kapolri Jenderal Idham Azis pada 20 November 2020. Mengacu tanggal tersebut, Fadil Imran telah menjabat Kapolda Metro Jaya selama kurang lebih 2 tahun 3 bulan.

Pada sepak terjangnya di kepolisian, Fadil Imran juga telah banyak menempati posisi strategis lain. Sebut saja seperti Dirtipidter Bareskrim Polri (2018), Sahlisosbud Kapolri (2019), hingga Kapolda Jawa Timur (2020).

3. Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho - Kapolda Banten

Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho merupakan perwira tinggi Polri yang saat ini aktif menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)