Survei: Elektabilitas Airlangga 36,8% di Kalangan Stakeholder Pasar dan Mal

Senin, 13 Maret 2023 - 17:41 WIB
loading...
A A A
Pengamat ekonomi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Yohan Fitriadi menilai tingginya elektabiitas Airlangga Hartarto di kalangan stakeholder pasar dan mal lantaran kinerja yang baik Ketua Umum Partai Golkar selama di pemerintahan.

"Menko Perekonomian Airlangga Hartanto adalah tokoh yang mampu membawa pemulihan terhadap ekonomi nasional. Seperti yang diketahui, pertumbuhan ekonomi diprediksi berada pada angka 5,2% pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan, dari sisi perekonomian adanya momentum pemulihan ekonomi yang sangat kuat," kata Yohan.

Yohan menyebutkan, pasar dan mal merupakan penggerak ekonomi hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Kebijakan yang tepat yang dilakukan oleh Menko Perekonomian dalam mempercepat stimulus ekonomi sudah terasa dampaknya bagi pengusaha lusat perbelanjaan.

"Dengan adanya hasil survei tersebut, membuktikan bahwa kebijakan Menko Airlangga memberikan manfaat bagi pengusaha serta UMKM di pasar dan mal," imbuhnya.

Terkait dengan hasil survei yang menyatakan stakeholder pasar dan mal memberikan dukungannya kepada Airlangga sebagai calon presiden, kata dia, sangat beralasan jika dilihat dari kacamata penguatan ekonomi nasional.

"Saat ini, Indonesia butuh pemimpin yang memiliki karakter yang kuat dan memberikan solusi alternatif terhadap penguatan ekonomi. Apalagi dengan ancaman resesi ekonomi global, tangan dingin Airlangga masih dibutuhkan di masa yang akan datang," katanya.

Untuk diketahui, survei dilakukan pada 25 Februari-8 Maret 2023. Responden terdiri dari stakeholder di pasar tradisional dan mal, yaitu para pekerja di sektor formal, informal, pelaku UMKM, pedagang kaki lima, pedagang pasar tradisional, dan penjaga toko. Jumlah responden sebanyak 2.280 orang yang sudah berumur 17 tahun ke atas dan tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

Pengambilan sample mengunakan metode multistage random sampling. Hasil survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95% serta memiliki margin of error 2,07%.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)