Stadion Wibawa Mukti Jadi Venue PON 2016

Rabu, 16 September 2015 - 10:36 WIB
Stadion Wibawa Mukti Jadi Venue PON 2016
Stadion Wibawa Mukti Jadi Venue PON 2016
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyatakan, Stadion Utama Wibawa Mukti di kawasan Jababeka, Cikarang Pusat, telah memenuhi syarat untuk dijadikan venue (tempat pertandingan) Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jawa Barat.

Rencananya, pembangunan stadion tersebut rampung akhir tahun ini. Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengatakan, kepastian stadion itu digunakan setelah tim Pengurus Besar PON 2016 memantau secara langsung Stadion Utama Wibawa Mukti beberapa waktu lalu. ”Stadion itu digunakan untuk venue sepak bola dan atletik,” ujarnya kemarin.

Pemantauan tim pengurus PON terkait kondisi lapangan maupun fasilitas yang ada di stadion. Beberapa fasilitas itu antara lain kelayakan permukaan lapangan dan fasilitas pendukung seperti ruang ganti pemain, ruang wasit, hingga kamar mandi.

Menurut Neneng, penggunaan stadion untuk PON 2016 lantaran Kabupaten Bekasi telah menyukseskan Pekan Olahraga Provinsi (Porda) Jawa Barat pada November 2014. Selain menjadi tuan rumah, Kabupaten Bekasi meraih prestasi menjadi juara umum.

Kepala Dinas Bangunan Kabupaten Bekasi Yuliadi Prihartono mengatakan, laiknya stadion ini untuk PON 2016 karena adanya konsultasi teknis oleh PSSI dan FIFA dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan lapangan sepak bola. ”Sehingga, pemerintah pusat memberikan nilai plus bagi pembangunan stadion ini dan layak untuk perhelatan PON 2016,” ujarnya.

Kabid Bangunan Negara Dinas Bangunan Kabupaten Bekasi Henry Lincoln menambahkan, stadion ini dalam pembangunannya memasuki tahap VII yakni penyelesaian pembangunan menuju finishing. ”Pembangunan tahap akhir dikucurkan Rp150 miliar,” katanya.

Stadion ini dibangun di atas lahan seluas 20 hektare dengan kapasitas 30.000 penonton. Stadion Wibawa Mukti menelan anggaran sebesar Rp500 miliar.

Abdullah m surjaya
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4229 seconds (0.1#10.140)