Tak Hanya Kekayaan Kepala BPN Jaktim, Gaya Hedon Istri Sudarman Jadi Sorotan Publik

Senin, 13 Maret 2023 - 01:08 WIB
loading...
Tak Hanya Kekayaan Kepala BPN Jaktim, Gaya Hedon Istri Sudarman Jadi Sorotan Publik
Istri Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Timur Sudarman Harja Saputra saat memakai tas Hermes Birkin Sellier. Foto: Tangkapan Layar Twitter
A A A
JAKARTA - Setelah kasus penganiayaan yang dilakukan anak eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak ( DJP ) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), gaya hidup sejumlah pejabat di DJP dan Bea Cukai Kemenkeu beserta keluarganya banyak menjadi sorotan publik. Dan kini giliran pejabat di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan keluarganya turut menjadi sorotan warganet.

Dia adalah Sudarman Harja Saputra yang menjabat sebagai Kepala BPN Jakarta Timur (Jaktim). Berdasarkan situskot-jaktim.atrbpn.go.id, Sudarman duduk di jabatan tersebut sejak tahun 2020 hingga saat ini. Sebelumnya, ia menjabat Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tanggamus, Lampung sejak 2017.

Lantas, mengapa Sudarman menjadi sorotan. Ternyata setelah ditelusuri berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per Maret 2022, Sudarman Harja Saputra mempunyai harta senilai Rp14,7 miliar.

Tak hanya itu, gaya hedonis istrinya turut menjadi sorotan warganet di Twitter. Seperti misalnya akun @PartaiSocmed yang mengunggah sejumlah koleksi tas, baju, dan aksesoris yang dikenakan istri Sudarman.Unggahan ini telah disukai 15,7 ribu dan diretweet 3.489 kali.

"Setelah dipelajari ternyata tas yang dipakai isterinya Sudarman Harja Saputra, Kepala Kantor Pertanahan Jaktim ini bukan sembarang Hermès tapi model Hermès Birkin Sellier yang harga barunya bisa mencapai setengah milyar! Coba bandingkan dengan harga rumah KPR-mu," cuit @PartaiSocmed sembari mengunggah foto istri Sudarman mengenakan tas Hermes senilai Rp586 juta.

Ternyata setelah ditelusuri, tas Hermes jenis tersebut tidak bisa dibeli begitu saja, melainkan hanya pelanggan VIP yang harus membeli enam koleksi plus di butik Hermes. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun didesak untuk menyelidiki aset dari istri Sudarman ini.



"Daan.. untuk birkin itu ternyata bukan untuk sembarangan orang. Hanya mereka yang punya koleksi Hermès dan yang sudah punya riwayat belanja min "six figures" yang bisa dapat akses membelinya. Akan menarik jika @KPK_RI memeriksa koleksi tas isteri Kepala Kantor Pertanahan Jaktim kita ini," pintanya.

Selain itu, @PartaiSocmed pun menyoroti gaun yang dikenakan istri Sudarman karya Elie Saab yang harganya US$ 12,457 atau hampir Rp200 juta. Begitu juga antingnya yang menurut akun @BangEdiii dapat membeli 30-40 buah tas Hermes.

Sebelumnya diberitakan,Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati mengatakan,akan segera memanggil Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Jakarta Timur Sudarman Harja Saputra untuk klarifikasi harta kekayaannya.

"Bapak Menteri ATR/Kepala BPN sudah memberi arahan internal agar Inspektur Jenderal dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta memanggil yang bersangkutan untuk selanjutnya dimintai klarifikasi," kata Yulia dalamketerangan tertulisnya, Jumat 10Maret 2023.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)