Sejak 11 Maret 2023, Merapi Sudah Erupsi 54 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran

Minggu, 12 Maret 2023 - 17:35 WIB
loading...
Sejak 11 Maret 2023, Merapi Sudah Erupsi 54 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran
Dampak erupsi Gunung Merapi yang sudah 54 kali muntahkan awan panas guguran. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Sejak Sabtu 11 Maret 2023, Gunung Merapi sudah 54 kali muntahkan awan panas guguran. Fakta ini diungkapkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

"Terkait dengan erupsi yang kemarin sendiri, sampai dengan saat ini sudah terjadi 54 kali erupsi, kejadian awan panas guguran sampai dengan pukul jam 15.30 WIB," kata Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso saat Konferensi Pers secara virtual, Minggu (12/3/2023).

Agus mengatakan, semua kejadian awan panas guguran yang dimuntahkan Gunung Merapi kali ini adalah ke arah kali Bebeng atau kali Krasak.

"Jadi kenapa kami sebut kali Bebeng atau Kali Krasak karena ada dua cabang hulu Sungai yaitu Bebeng Krasak yang itu kemudian menyatu membentuk Sungai Krasak seperti itu," ucapnya.

"Jadi dominan adalah ke arah ke arah barat laut ya barat barat laut, karena memang anginnya mengarah ke sana," tambahnya.

Baca juga: Gunung Merapi Erupsi, Ini Kawasan Rawan Bencana yang Harus Diwaspadai

Selain itu Agus mengatakan, hujan abu tipis akibat awan panas guguran ini sampai ke Kalibening Banjarnegara, Jawa Tengah yang jaraknya sekitar 96 KM dari Gunung Merapi.

"Kemudian yang paling jauh ini dilaporkan terjadi hujan abu tipis di Kalibening Banjarnegara, ini sekitar jarak 96 KM," jelasnya.

Agus pun melaporkan, jarak luncur dari awan panas paling tinggi terjadi pasca erupsi kemarin. Namun, kini intensitasnya mulai menurun.

"Memang intensitas awan panas guguran yang terjadi, yang paling tinggi adalah kemarin siang. Dan saat ini meski pun masih terjadi tapi intensitasnya menurun," ujarnya.



Sementara itu, luncuran awan panas guguran Gunung Merapi terjauh mencapai 3,7 KM dari puncak. "Dari kejadian awan panas terjauh, yang terjadi pada hari kemarin yaitu terjadi di Hulu kali Bebeng dengan jarak sekitar 3,7 KM," kata Agus.

"Jadi kemarin diperkirakan 4 KM, sekitar 4 KM ini dari data Drone yang dihasilkan teman-teman tadi pagi, ini ternyata belum mencapai 4 KM atau untuk jarak apa di permukaan itu mencapai 4 KM. Ada pun jarak peta itu 3,7 KM," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)