Wapres Kunker ke Jepang, Bakal Bicara Pengalaman Indonesia sebagai Negara Plural

Minggu, 05 Maret 2023 - 20:44 WIB
loading...
Wapres Kunker ke Jepang, Bakal Bicara Pengalaman Indonesia sebagai Negara Plural
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi sang istri, Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Osaka, Jepang, Minggu (5/3/2023). Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi sang istri, Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Osaka, Jepang, Minggu (5/3/2023). Wapres juga dijadwalkan melakukan kunker di Kyoto.

Dalam kunker ke Kyoto nantinya, Wapres akan menjadi pembicara utama dan memberikan kuliah umum tentang toleransi beragama di universitas terbaik ke-2 di Jepang, Universitas Kyoto .

“Wapres itu akan berbicara dalam satu simposium. Beliau sebagai keynote speaker di Universitas Kyoto. Itu adalah universitas terbaik ke-2 di Jepang. Dan Wakil Presiden akan berbicara mengenai pengalaman Indonesia sebagai negara yang plural yang bisa melaksanakan kehidupan secara damai dalam konteks beragama,” ujar Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi kepada awak media sebelum lepas landas menuju Jepang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (5/3/2023).



Dia mengatakan, Wapres akan berbagi pengalaman Indonesia dalam menerapkan kehidupan beragama yang damai, sama halnya dengan Jepang yang juga telah mempraktikkan toleransi beragama.

“Kita tahu Jepang adalah negara yang juga sudah sukes melaksanakan kehidupan beragama (dengan) damai dan dengan baik. Dan Indonesia juga punya pengalaman yang sama, dan itulah yang akan disampaikan oleh Wakil Presiden di Universitas Kyoto nanti,” imbuhnya.

Selain itu, Masduki menjelaskan, Wapres akan meresmikan masjid yang dibangun masyarakat Indonesia yang tinggal di Osaka, yaitu Masjid Istiqlal Osaka. “Wakil Presiden akan meresmikan satu masjid di Jepang, ini adalah salah satu masjid yang terbesar di Jepang namanya Masjid Istiqlal. Ini juga menjadi kebanggaan warga negara yang ada di Jepang,” jelasnya.

Dalam kunjungan kerja ke kedua kota di Jepang ini, Masduki mengatakan, Wapres juga akan melakukan pertemuan bilateral untuk membicarakan kerja sama Indonesia-Jepang, khususnya di sektor Industri halal serta ekonomi dan keuangan syariah. Terakhir, Masduki mengungkapkan, Wapres juga akan menyapa masyarakat Indonesia yang tinggal di Osaka dan Kyoto melalui forum dialog.

“Di samping itu tentu saja ada pembicaraan-pembicaraan dengan masyarakat Indonesia yang ada di Osaka dan Kyoto,” pungkas Masduki.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)