Jokowi: Sejak Dulu Seharusnya Depo TBBM Plumpang Dikelilingi Sungai

Minggu, 05 Maret 2023 - 11:19 WIB
loading...
Jokowi: Sejak Dulu Seharusnya Depo TBBM Plumpang Dikelilingi Sungai
Presiden Jokowi mengatakan wilayah sekitar Depo Pertamina Plumpang adalah zona air yang seharusnya dikelilingi sungai sejak lama. Foto/youtube Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan wilayah Depo Terminal BBM (TBBM) Pertamina Plumpang Jakarta Utara merupakan zona air. Sejak dulu kawasan ini seharusnya dikelilingi sungai.

"Tapi memang harusnya ini zona air, dibuat sungai, untuk melindungi dari obyek vital yang kita miliki, karena barang-barang yang ada di dalamnya sangat berbahaya apabila berdekatan dengan masyarakat apalagi dengan permukiman penduduk," ujar Jokowi seusai memberikan bantuan dan berdialog dengan warga korban kebakaran di tenda pengungsian yang ada di RPTRA Rasela Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023).



Namun, kata Jokowi, rencana tersebut belum terlaksana karena persoalan permukiman warga yang terus bertambah di kawasan Kampung Tanah Merah.

"Dulu memang sudah direncanakan untuk dibuat air di kanan kirinya sungai, tapi memang belum sampai pada titik mencarikan solusi bagi penduduk di situ," jelas Jokowi.

Meskipun demikian, PresidenJokowi meminta seluruh jajarannya untuk mencarikan solusi terbaik untuk keamanan warga dan objek vital bisa beroperasi dengan baik.

"Tanah merah inikan padat dan penuh, semuanya harus dicarikan solusi. Saya kira keamanan masyarakat keselamatan masyarakat harus menjadi titik yang utama," pungkas Jokowi.

Dalam konfrensi pers di RSPP pada Sabtu (4/3/2023), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sebanyak 18 warga meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.



Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan masih ada 18 orang yang belum ditemukan akibat kebakaran di Kampung Tanah Merah Plumpang Jakarta Utara tersebut.

Sebanyak 51 orang mengalami luka-luka dengan rincian 49 orang luka berat dan 2 orang luka ringan. Sebanyak 1.085 warga mengungsi di sejumlah pos pengungsian yang ada di RPTRA Rasela, gedung Golkar Walang, kantor PMI Jakarta Utara, Kantor Lurah Rawa Badak Selatan, kantor Subdinakertrans dan Energi Jakarta Utara, Masjid Al Kuromas, Masjid As Sholihin, dan Masjid Al Muhajirin.

Kebakaran melanda Depo TBBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam sekitar pukul 20.11 WIB. Warga sempat mencium bau BBM sangat menyengat sebelum api menyala. Diduga ada kebocoran pipa BBM di dalam area depo.

Api kemudian berhasil dipadamkan pada Sabtu (4/3/2023) pukul 02.19 WIB. Dampak kebakaran meluas ke pemukiman warga di Kampung Tanah Merah yang bersebelahan dari lokasi.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)