Hari Ini Jamaah Haji Indonesia Miqot di Bir Ali

Minggu, 30 Agustus 2015 - 01:14 WIB
Hari Ini Jamaah Haji Indonesia Miqot di Bir Ali
Hari Ini Jamaah Haji Indonesia Miqot di Bir Ali
A A A
MADINAH - Jamaah haji asal Indonesia, hari ini bergerak ke Mekkah. Rombongan bergerak setelah berada di Madinah selama sembilan hari untuk melaksanakan ibadah arbain di Masjid Nabawi.

Sebelum memasuki Mekkah, rombongan harus berhenti di Bir Ali untuk melakukan miqot atau niat umrah.

“Ada 13 kloter yang besok miqot di sini, sebelum melanjutkan perjalanan ke Mekkah,” kata Kepala Sektor Khusus Bir Ali Daerah Kerja (Daker) Madinah, Kamalul Iman Bilah, kepada wartawan, Sabtu (29/8/2015).

Bir Ali merupakan masjid besar dengan dua menara menjulang setinggi 64 meter yang dikelilingi lahan parkir kendaraan yang cukup luas. Lokasinya berada di sebuah lembah perbatasan tanah haram dengan jarak 11 km dari Masjid Nabawi.

Kemarin, ratusan orang jamaah haji asal negara lain sudah melakukan miqot. Sedangkan beberapa jamaah Indonesia nampak melakukan ziarah.

“Kami sudah melakukan simulasi dan besok personel dibagi dalam lima pos,” lanjut Kamalul.

Pos itu bertugas mulai dari cek list jamaah, pengawasan di kamar mandi, di pintu masuk masjid, di parkir belakang, hingga cek list penumpang bus saat akan meninggalkan Bir Ali.

Jamaah diminta tidak tergesa-gesa turun sebelum bus berhenti. “Ini untuk menghindari jangan sampai jamaah lupa tempat parkir busnya. Pintu keluar masjid juga harus diingat agar mudah mencari bus jamaah,” tandasnya.

Petugas akan fokus mengawasi di sekitar kamar mandi untuk memastikan tidak ada jamaah laki-laki maupun perempuan yang tersesat. “Karena di situ memang krodit, sebab tidak hanya jamaah Indonesia tapi jamaah lain juga berada di situ,” imbuhnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3917 seconds (0.1#10.140)