Pengacara Djoko Tjandra Temui Ketua MA, Jubir: Itu Silaturahmi Bukan Lobi

Jum'at, 17 Juli 2020 - 07:20 WIB
loading...
Pengacara Djoko Tjandra Temui Ketua MA, Jubir: Itu Silaturahmi Bukan Lobi
Ketua MA Muhammad Syarifuddin dan istri (tengah) berfoto bersama Anita Kolopaking (kiri) dan suaminya (kanan). Foto/@xdigeeembok
A A A
Dunia maya dihebohkan dengan beredarnya foto Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin dengan Anita Kolopaking, pengacara buron Djoko Tjandra. Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro mengakui Syarifuddin pernah ditemui Anita dan suaminya. Momentum itu terjadi pada Lebaran lalu.

"Foto Pak Ketua MA (Muhammad Syarifuddin) dan Ibu Anita Kolopaking beserta suaminya itu berfoto di rumah kediaman Beliau (Syarifuddin) pada saat Hari Raya lebaran Idul Fitri beberapa bulan lalu. Saat itu beliau (Syarifuddin) sudah Ketua MA," tegas Andi kepada SINDOnews saat dikonformasi soal foto tersebut, Jumat (17/7/2020) dini hari.

(Baca: Kabareskrim Bentuk Tim Khusus Usut Dugaan Aliran Uang Djoko Tjandra)

Foto menghebohkan itu berawal dari utas cuitan dari akun Twitter '@xdigeeembok' (el diablo) tentang perjalanan perkara Djoko Tjandra dengan menyertakan hastag #YangBantuDjokoTjandraKabur.

Pada poin 20, @xdigeeembok mencuitkan, "Anita Kolopaking juga melobi hakim agung. Ada yg tau siapa nama hakim agungnya? Gila yak Djoko Tjandra.. #YangBantuDjokoTjandraKabur." Cuitan ini dengan mengikutsertakan sebuah foto. Lihat tautan https://t.co/3rSo2INfol.

Andi menjelaskan, foto bersama bisa terjadi karena tamu-tamu lain yang hadir meminta Ketua MA Syarifuddin untuk berfoto. Anita dan suaminya saat itu juga ikut nimbrung berfoto dengan Syarifuddin dan istri.

"Berfoto bersama dalam suasana lebaran seperti itu biasalah, tidak ada maksud dan tujuan apa-apa," kata hakim agung sekaligus ketua Kamar Pengawasan MA itu.

(Baca: Benang Merah Djoko Tjandra, Setya Novanto, dan Tanri Abeng)

Sebenarnya, lanjut Andi, Syarifuddin tidak mengadakan open house saat Idul Fitri 1441 H/2020. Tetapi, sejumlah tamu tetap datang bersilaturahmi, termasuk Anita dan suaminya. Andi memastikan, kehadiran Anita waktu itu sama sekali tidak ada pembicaraan atau lobi sehubungan dengan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Djoko Tjandra.

"Dan tidak benar ada lobi dari ibu Anita ke Pak Syarifuddin terkait dengan permohonan PK perkara Djoko Tjandra," ucapnya.

Muhammad Syarifuddin dilantik menjadi Ketua MA oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (30/4/2020).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)