4 Kota di Indonesia Ini Rayakan Hari Jadi di Bulan Maret

Jum'at, 03 Maret 2023 - 19:56 WIB
loading...
4 Kota di Indonesia Ini Rayakan Hari Jadi di Bulan Maret
Masjid Agung Kota Gorontalo. Foto/wikipedia
A A A
JAKARTA - Hari jadi biasanya dirayakan untuk memaknai perjalanan hidup dalam tiga dimensi waktu, yaitu dulu, kini, dan nanti. Demikian halnya dengan kota.

Hari jadi adalah momentum bagi sebuah kota mengingatkan masa lalu dan mengevaluasinya di masa kini, serta menyusun langkah dan strategi di masa depan.

Nah, di bulan Maret ini ada empat kota di Indonesia yang merayakan hari jadi. Mana saja? Berikut daftarnya.


Kota Gorontalo

4 Kota di Indonesia Ini Rayakan Hari Jadi di Bulan Maret

Foto/Wikipedia
Kota Gorontalo menetapkan hari jadinya pada tanggal 19 Maret 1728. Meskipun demikian, kota ini sudah ada jauh sebelumnya, ditandai dengan keberadaan tujuh kerajaan. Sistem kerajaan berubah setelah masuknya Belanda dan statusnya menjadi afdeling (setingkat kabupaten).

Sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, Gorontalo ternyata lebih dulu merdeka. Gerakan rakyat Gorontalo pada 23 Januari 1942 berhasil membebaskan Gorontalo dari kolonial Belanda. Sampai saat ini, tanggal tersebut diperingati masyarakat Gorontalo sebagai Hari Patriotik.

Kota Jayapura

4 Kota di Indonesia Ini Rayakan Hari Jadi di Bulan Maret

Foto/nokenlive.com
Kota Jayapura didirikan pada 7 Maret 1910 oleh Kapten Infanteri FJP Sachse dari Kerajaan Belanda dengan nama Hollandia. Setelah pembebasan Irian Barat pada 1963, nama Hollandia berganti menjadi Kota Baru serta Sukarnopura. Nama Jayapura dipakai pada 1968 setelah Soekarno tidak lagi menjabat presiden.

Sebagai ibu kota Provinsi Papua, Kota Jayapura memiliki luas wilayah 940 kilometer persegi. Terdapat 5 distrik di kota ini, yaitu Muara Tami, Abepura, Heram, Jayapura Selatan, dan Jayapura Utara. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Nasional, jumlah penduduk Kota Jayapura pada tahun 2020 sebanyak 303.760 jiwa.

Kota Bengkulu

4 Kota di Indonesia Ini Rayakan Hari Jadi di Bulan Maret

Foto/antara
Hari jadi Kota Bengkulu yang diperingati setiap 17 Maret. Di kota ini terdapat Benteng Marlborough yang selesai dibangun Inggris pada 1719. Namun di bawah pimpinan Pangeran Jenggalu, rakyat Bengkulu menyerang pasukan Inggris dan berhasil menguasai benteng. Kemenangan tersebut memaksa Inggris untuk hengkang dari Bengkulu pada 17 Maret 1719. Peristiwa inilah yang mendasari penetapan hari jadi Kota Bengkulu.

Memang, Inggris akhirnya bisa kembali menguasai Bengkulu dan memberikan wilayah itu kepada Belanda. Namun kemenangan merebut benteng pada 17 Maret 1719 menginspirasi perlawanan masyarakat Bengku terhadap Belanda dan Jepang hingga Indonesia merdeka.

Kota Bekasi

4 Kota di Indonesia Ini Rayakan Hari Jadi di Bulan Maret

Foto/dok.SINDOnews
Tanggal 10 Maret 1997 merupakan hari jadi Kota Bekasi. Penetapan hari jadi tersebut berdasarkan pemekaran wilayah Kabupaten Bekasi dengan dibentuknya Kota Administratif Bekasi, yang kemudian menjadi kotamadya dan kini dikenal dengan Kota Bekasi. Berdasarkan luas wilayahnya, Kota Bekasi memiliki luas 210,49 kilometer persegi dengan 12 kecamatan.

Sebagai catatan, Kota Padang Panjang di Sumatera Barat pernah merayakan hari jadi di bulan Maret, tepatnya 23 Maret. Tanggal itu dipakai karena secara resmi Kota Padang Panjang resmi terbentuk pada 23 Maret 1956.

Tetapi berdasarkan hasil kajian sejarah, disepakati Kota Padang Panjang terbentuk pada 1 Desember 1790. Tanggal 1 Desember itulah yang diperingati pertama kali sebagai hari jadi pada 2004. Hal ini diperkuat lewat Perda Kota Padang Panjang No 17 Tahun 2004 Tentang Penetapan Hari Jadi Kota Padang Panjang.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2761 seconds (0.1#10.140)