Kemendagri Ungkap Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Penanganan Pandemi

Jum'at, 03 Maret 2023 - 11:08 WIB
loading...
Kemendagri Ungkap Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Penanganan Pandemi
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA dan Wamendagri John Wempi Wetipo saat penyerahan Piagam Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) Safrizal ZA mengungkapkan peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air selama ini.

Hal itu diungkapkannya dalam kegiatan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-73 dan Satlinmas ke-61 melalui rapat kerja nasional yang digelar di Claro Hotel, Makassar, Kamis (2/3/2023). Tema besar rapat itu adalah Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi melalui Satpol PP dan Satlinmas yang Profesional.

Sedangkan maksud tema besar tersebut untuk terus memberikan motivasi melalui kontribusi nyata pada upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi dengan mewujudkan ketentraman, ketertiban umum, dan pelindungan masyarakat. "Peran Satpol PP dan Satlinmas begitu nyata dan terus tumbuh di tengah masyarakat. Penanganan pandemi Covid-19 menjadi success and moral story yang membuktikan arti penting dan strategis Satpol PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah," kata Safrizal ZA dalam laporannya kepada forum rapat tersebut.



Di sela-sela rapat, telah diserahkan Piagam Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP kepada 12 daerah, terdiri dari 4 pemerintah provinsi, 5 pemerintah kabupaten, dan 3 pemerintah kota. "Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP ini diberikan kepada Satpol PP yang sangat berhasil, kreatif, inovatif dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya," kata Safrizal.

Rapat itu dibuka oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo. Hadir pula para kepala daerah maupun perwakilan kementerian/Lembaga, mulai dari Kementerian PAN RB, Kementerian PPN/Bappenas, Bawaslu, Kemenkeu, dan Baharkam Polri.

“Ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5,72% pada tahun 2022 berkat kerja keras, komitmen dan kolaborasi dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, termasuk tentunya peran Satpol PP dan Satlinmas,” ujar Jhon Wempi.

Adapun tujuan rapat itu digelar untuk menyamakan persepsi dan pola operasi bagi Satpol PP dan Satlinmas di daerah, terutama dalam menyongsong pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Di samping itu, mengemuka pula bahasan mengenai pengendalian inflasi dan kebijakan pemenuhan standar pelayanan minimal Trantibumlinmas.

“Kami mengajak untuk menyatukan prinsip ketentraman, ketertiban umum, dan pelindungan masyarakat daerah baik dalam rangka pertumbuhan ekonomi, membangun strategi pengendalian inflasi, dan menyukseskan agenda pemilu dan pilkada serentak 2024,” pungkas John Wempi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7219 seconds (0.1#10.140)