Media Center Daerah Jadi Garda Terdepan Penyebaran Informasi Positif

Rabu, 01 Maret 2023 - 12:42 WIB
loading...
Media Center Daerah Jadi Garda Terdepan Penyebaran Informasi Positif
Anugerah Media Center (AMC) Daerah 2023 di Depok, Jawa Barat, Selasa (28/2/2023). FOTO/KEMENTERIAN KOMINFO
A A A
JAKARTA - Keberadaan Media Center Daerah di masing-masing pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, sangat penting di tengah arus informasi yang masif dengan potensi misinformasi dan disinformasi hingga hoaks. Media Center Daerah menjadi garda terdepan menyebarkan informasi positif, sehat, dan mencerahkan bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong dalam acara Anugerah Media Center (AMC) Daerah 2023 di Depok, Jawa Barat, Selasa (28/2/2023). Ia berharap pengelola Media Center Daerah di bawah pengelolaan Ditjen IKP Kominfo, terus berlomba memberikan kontribusi terbaiknya, baik berita teks maupun berita foto yang berkualitas.

"Semoga dengan prestasi terbaik itu, menjadi pengungkit untuk terus berkontribusi membangun komunikasi publik yang sehat dan mencerahkan masyarakat," kata Usman Kansong dalam keterangan tertulis, Rabu (1/3/2023).

Menurut Usman, keberadaan jaringan Media Center Daerah sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik. Kominfo diinstruksikan khusus untuk melakukan penyiapan dan pelaksanaan komunikasi publik terkait dnegan kebijakan dan program pemerintah.

"Oleh karena itu, posisi Media Center Daerah sebagai jaringan infopublik menjadi penting dan krusial sebagai garda terdepan dalam memproduksi dan mendesiminasi informasi kepada masyarakat. Semoga ke depan penilaiannya bisa lebih kualitatif tidak sekedar kuantitatif," katanya.

Direktur Pengeloaan Media (PM) Ditjen IKP Kominfo, Nursodik Gunardjo mengatakan, jaringan Media Center Daerah sudah diinisiasi sejak 2007. Saat ini kurang lebih sebanyak 151 media center yang aktif memberikan kontribusi sekitar 6.000 konten online berupa foto dan berita.

"Nah AMC sendiri mulai digelar sejak 2015 sebagai bentuk apresiasi bagi media center yang sudah berkontribusi dalam pengiriman berita dan foto. Harapannya dari waktu ke waktu semakin meningkat, bukan hanya jumlahnya tapi juga kualitasnya," kata Nursodik.

AMC 2023 digelar bukan hanya sebagai bentuk apresiasi, tapi sekaligus menguatkan kerja sama dan jalinan komunikasi antara pusat dan daerah dalam hal komunikasi publik dan agenda setting yang telah disusun.

Daftar Peraih AMC Daerah 2023

Ada sejumlah kategori pemenang dalam AMC Daerah 2023, yakni Kontribusi Berita Terbaik Media Center Provinsi, Media Center Kabupaten/Kota, dan Media Center Kontribusi Foto. Selain itu, ada nominasi baru yakni Foto Terbaik dan Berita Terpopuler.

Untuk kategori Media Center Terbaik Kontribusi Berita Tingkat Provinsi, peringkat I adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur; peringkat II Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau; dan peringkat III Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah.

Kategori Media Center Terbaik Kontribusi Berita Tingkat Kabupaten/Kota, peringkat I diraih Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang; peringkat II Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Agam; dan peringkat III Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangkaraya.

Kategori Media Center Terbaik Kontribusi Foto Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota, peringkat I diraih oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo; peringkat II Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan; dan peringkat III Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tidore Kepulauan.

Kategori Berita Media Center Terpopuler, peringkat I adalah Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Provinsi Aceh dengan judul berita Diskominsa Aceh Gelar NGOPI tentang Dampingi Anak Saat Vaksin; peringkat II Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep dengan judul berita Gauri Band, Warna Baru di Rutan Sumenep; dan peringkat III Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo judul berita Sebanyak 207 Siswa Ikuti Seleksi Calon Atlet PPLP Gorontalo.

Pada kategori Foto Terbaik Media Center, Peringkat I berhasil diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar dengan judul foto Penari Sisya; peringkat II diraih Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo judul foto Pesona Gorontalo; dan peringkat III Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman judul foto Permainan Tradisional Golong-Golong.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3344 seconds (0.1#10.140)