Survei LSI: TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat

Rabu, 01 Maret 2023 - 15:13 WIB
loading...
Survei LSI: TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (keempat kiri) bersama keluarga Jenderal Soedirman usai meresmikan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman di Area CBD PIK2, Kosambi, Tangerang, Banten, Jumat (3/2/2023). FOTO/ANTARA/Muhammad Iqbal
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) menjadi lembaga yang paling dipercaya masyarakat. Sementara, kepercayaan masyarakat terhadap KPK kembali meningkat.

Hal ini merupakan hasil temuan survei terbaru yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI). Survei yang dilaksanakan 10-17 Februari 2023 ini melibatkan 1.228 responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Survei dilakukan dengan metode random digit dialling dengan margin of error sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

"Yang teratas itu masih TNI, diikuti presiden, nah sekarang KPK agak naik lagi sekarang, KPK balik ke posisi ketiga, baru diikuti oleh pemerintah daerah," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat konfrensi pers rilis survei bertajuk Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu-Isu Penegakan Hukum, dan PSSI yang digelar secara daring, Rabu (1/3/2023).

Baca juga: Percepat Penyelamatan Pilot Susi Air, Panglima TNI Fasilitasi Tokoh Agama hingga Bupati

Berdasarkan hasil jejak pendapat LSI, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI meraih 93%. Disusul Presiden RI 85% dan KPK 68%. Sementara, lembaga negara yang menduduki peringkat yang paling buncit masih diisi oleh lembaga dengan entitas politik.

"Yang paling bawah adalah lembaga politik dan lembaga penegak hukum, yaitu partai politik (parpol) bersama DPR itu yang tingkat kepercayaannya paling bawah. Diikuti sedikit lebih baik itu polisi, pengadilan, dan Kejagung," kata Djayadi.

Adapun persentase tingkat kepercayaan lembaga yang paling buncit ialah Kejagung dengan raihan 68%; Pengadilan 66%; DPR 58%; dan parpol 57%.

"Tetapi secara umum kalau kita lihat trennya dalam sebulan terakhir, bahwa ada sedikit peningkatan atas tren kepercayaan masyarakat itu terhadap berbagai lembaga. Di semua sektor lembaga, baik itu TNI, presiden, dan seterusnya," kata Djayadi.

Berikut ini hasil survei LSI:

1. TNI 93%

2. Presiden 85%

3. KPK 68%
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)