Perpusnas Pacu Literasi Masyarakat Dengan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Rabu, 01 Maret 2023 - 07:39 WIB
loading...
Perpusnas Pacu Literasi Masyarakat Dengan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (tengah) pada acara Sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023). foto: istimewa
A A A
JAKARTA - Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) kembali dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada 2023. Kegiatan diawali dengan sosialisasi setelah sebelumnya dilakukan seleksi perpustakaan mitra baru.

baca juga: Momentum 40 Tahun Perpustakaan Nasional dan Revolusi Industri 4.0

Sosialisasi TPBIS 2023 digelar secara onsite di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, pada 27 Februari-1 Maret. Sosialisasi dibuka secara resmi pada Selasa (28/2/2023), oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando.

Dalam sambutannya, Muhammad Syarif Bando berharap, pelaksanaan kegiatan sosialisasi TPBIS 2023 dapat membangun pemahaman peserta mengenai kebijakan dan konsep program sebagai upaya peningkatan literasi masyarakat.

“Juga membangun pemahaman peserta mengenai tahapan dan jadwal implementasi program, serta membangun kesadaran dan komitmen peserta untuk implementasi dan perluasan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial,” paparnya.

baca juga: Perpusnas Dorong Transformasi Perpustakaan Menuju Ekosistem Digital Nasional

Ia pun berharap, dengan sosialisasi ini akan lahir persepsi yang sama terkait program TPBIS, sehingga ke depannya dapat bersama-sama mencerdaskan kehidupan anak bangsa melalui bahan bacaan dan kegiatan yang dilaksanakan oleh perpustakaan.

“Perpustakaan tidak hanya untuk tempat kegiatan peningkatan budaya baca, tapi juga inovasi, kreasi di bidang pengembangan literasi dalam segala aspek yang bermuara pada penciptaan karya untuk kesejahteraan,” tukasnya.

Sosialisasi TPBIS 2023 diikuti 450 pengelola perpustakaan desa/kelurahan mitra tahun 2023, dan 34 Dinas Perpustakaan Tingkat Provinsi.

baca juga: Perpustakaan UPTD SMPN 2 Parepare Berstandar Nasional
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)