Kenangan-Kenangan yang Terpelihara

Senin, 27 Februari 2023 - 07:52 WIB
loading...
A A A
Dalam cerpen Mobil Pengantin kita akan melihat bahwa kenangan masa kecil Dion ternyata berbuntut panjang, membuat dua keluarga malah bermusuhan. Begitu pula dalam cerpen Kisah Seekor Rubah, cerita yang diwariskan dari generasi ke generasi menghasilkan pola pikir tertentu.

Tidak salah, memang, semisal kita ingin menengok masa lalu, tetapi jangan sampai tenggelam terlalu jauh. Masa lalu kadang hadir kembali sebagai pengingat. Tidak salah pula jika kita ingin kerap berkunjung ke masa itu. Mungkin, satu atau dua hal dapat kembali menyulut semangat hidup kita. Apa pun itu, sebaiknya selebrasi atas memori dilakukan seorang diri. Kita tidak bisa menduga akibatnya jika mengajak orang lain turut serta.

Kenangan, bagi sebagian orang bukanlah kawan yang baik. Sementara bagi Mufa Rizal, cerpenis muda asal Mojokerto, kenangan (baik milik sendiri maupun orang lain) adalah bahan bakar yang baik untuk berkarya. Ia sanggup menghadirkan segala rasa ke hadapan kita melalui tujuh belas judul dalam buku ini.

Ah, bukankah semua seniman seperti itu―memiliki kemampuan luar biasa dalam melenakan pembaca ke dalam alam imajinasi? Maka, boleh dikatakan ‘demi karya’, kenangan-kenangan itu akan tetap terpelihara dengan baik. Sekian.

Judul buku : Seekor Ikan Mencintai Kucing

Penulis : Mufa Rizal

Penerbit : Rua Aksara

Cetak : Pertama, Januari 2023

Tebal : vi + 140 halaman

QRCBN : 62-259-1316-983
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)