Dankodiklat TNI AD Alumni Akmil 1987, Nomor 1 Mantan Panglima TNI

Sabtu, 25 Februari 2023 - 20:49 WIB
loading...
Dankodiklat TNI AD Alumni Akmil 1987, Nomor 1 Mantan Panglima TNI
Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa (kiri) dan Letjen TNI (Purn) Anto Mukti Putranto. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat ( Dankodiklat TNI AD) lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987. Salah satunya pernah menjabat sebagai Panglima TNI.

Dikutip dari laman resmi kodiklat-tniad.mil.id, sejarah Kodiklat TNI AD, diawali dengan didirikannya Direktorat Infanteri pada 1950, selanjutnya 1951 diubah menjadi Direktorat Pendidikan Angkatan Darat (DPAD).

Kemudian pada 1956 diresmikan menjadi Inspektorat Djenderal Pendidikan dan Latihan yang disempurnakan menjadi Koplat. Seiring reorganisasi dalam tubuh ABRI maka dilebur dan dibentuk menjadi Kobangdiklat, yang selanjutnya dilikuidasi menjadi Pusbangsisops dan Pusbindik sebagai Badan Pelaksana Pusat.



Pusbangsisops dan Pusbindik dipandang lebih efektif jika dikoordinasi menjadi satu Satuan sehingga melalui Skep Kasad Nomor Skep/454/XI/1994 tanggal 17 November 1994 maka dibentuklah Kodiklat TNI AD

Kodiklat TNI AD merupakan komando utama pembinaan TNI AD yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan bertempat di Bandung, Jawa Barat.



Sepanjang sejarahnya, Kodiklat TNI AD telah dipimpin oleh sejumlah perwira tinggi lulusan Akmil. Berikut ini dua Dankodiklat TNI AD lulusan Akmil 1987

1. Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa

Jenderal TNI (Purn) Muhammad Andika Perkasa merupakan mantan Panglima TNI yang menjabat pada periode 2021-2022. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 21 Desember 1964 ini merupakan lulusan Akmil 1987.

Sebelum menjabat sebagai Panglima TNI, Andika Perkasa pernah menjabat sebagai Dankodiklat pada 2018 menggantikan pendahulunya yakni, Letjen TNI Agus Kriswanto.

Sejak mengabdikan dirinya di dunia militer, menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono ini memiliki beberapa brevet di antaranya Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad, Brevet Free Fall dan Brevet Para Utama.

2. Letjen TNI (Purn) Anto Mukti Putranto

Letnan Jenderal TNI (Purn) Anto Mukti Putranto merupakan mantan perwira tinggi TNI AD. Saat ini Anto Mukti Putranto menjabat sebagai Asisten Khusus Menhan Matra Darat Bidang Alutsista.

Dalam riwayatnya, pria kelahiran Jember, Jawa Timur, 26 Februari 1964 ini merupakan alumni Akademi Militer (Akmil) 1987. Jenderal bintang tiga ini pernah menjabat sebagai Dankodiklat TNI AD pada 2018 sampai dengan purna tugasnya di 2022.

Sederet brevet yang pernah diraihnya antara lain, Brevet Para Raider, Brevet Infanteri, Brevet Cakra Kostrad, Brevet Jump Master, Brevet Mobil Udara, Brevet Taipur, Brevet Terbang Layang AU, hingga Brevet Master Gunner.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)