Kepala BP2MI Ajak Ubah Persepsi Buruk Soal Pekerja Migran

Sabtu, 25 Februari 2023 - 02:42 WIB
loading...
Kepala BP2MI Ajak Ubah Persepsi Buruk Soal Pekerja Migran
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Benny Rhamdani mengajak para PMI dan masyarakat mengubah persepsi tentang PMI yang selama ini berkembang. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengajak para pekerja migran Indonesia ( PMI ) dan masyarakat mengubah persepsi tentang PMI yang selama ini berkembang. Benny menjelaskan, PMI merupakan orang-orang istimewa, tidak boleh diremehkan, bahkan saat ini telah mendapat predikat sebagai pahlawan devisa Indonesia.

"Mari kita ubah persepsi tentang PMI yang dulu dianggap tidak istimewa, diremehkan, sekarang boleh tidak lagi. Perubahan persepsi juga sudah kami lakukan melalui kerja konkret, dan berbagai terobosan yang berpihak pada PMI," kata Benny saat blusukan ke Desa Mekarjaya, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Jumat 24 Februari 2023.

Dalam kesempatan itu, Benny tidak sekadar melakukan pertemuan dengan para pejabat publik. Tapi memilih menemui para PMI secara langsung.

"Biasa BP2MI menggelar rakor bersama gubernur, serta bupati dan wali kota. Di situ saya sosialisasikan atau kenalkan tugas fungsi BP2MI, dan mendorong sinkronisasi program dengan para kepala daerah. Tapi, kebiasaan itu telah berubah, saya juga turun langsung untuk menemui masyarakat seperti di desa ini," tuturnya.

Dia mengaku tidak pernah segan untuk blusukan atau menemui para PMI secara langsung. Dia yakin bahwa pertemuan dan dialog yang dilakukan dengan para PMI dan masyarakat akan membawa dampak besar terhadap perubahan pola pikir atau mindset.

Menurutnya, turun langsung menemui PMI merupakan langkah penting bagi lembaga yang dipimpinnya. Pasalnya, melalui kegiatan itu dirinya mengaku dapat mengetahui secara langsung tentang perkembangan yang terjadi di desa, serta memahami semua persoalan yang dikeluhan masyarakat.

"Perubahan terhadap citra PMI, harus dimulai dari perubahan paradigma, dan kerja yang berpihak pada pekerja migran. Dengan begitu, semua program bisa berjalan lancar," ujar politikus Partai Hanura ini.

Dia juga meminta generasi muda untuk tidak menyia-nyiakan masa mudanya. Benny mendorong para pemuda untuk mencari peluang kerja agar bisa mandiri, dan memastikan bahwa BP2MI siap memfasilitasi masyarakat yang ingin mengambil peluang kerja ke luar negeri.

"Jangan ikut godaan calo atau sindikat untuk bekerja sebagai PMI. Kalau kalian ikut program pemerintah, kalian akan mendapat jaminan, serta tidak akan diperlakukan jahat dan kasar, seperti PMI yang diberangkatkan secara ilegal," ungkapnya.

Kemudian, dia meminta agar peserta sosialisasi mendorong semangat diseminasi informasi tentang peluang kerja ke luar negeri. Dia menilai diseminasi informasi tersebut sangat penting, agar masyarakat tahu apa itu sindikat penempatan ilegal PMI, dan tidak menjadi korban.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarjaya Dindin Rusad Nurdin menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan organisasi paguyuban Ikatan Alumni SMPN Pacet Kertasari 2. Dia menambahkan, kehadiran BP2MI sangat membantu pemerintah desa dan sangat bermanfaat bagi generasi muda yang hadir agar bisa memanfaatkan peluang bekerja ke luar negeri.

Acara itu juga dihadiri oleh Camat Pacet Asep Susanto, Kapolsek Pacet AKP Hendri Noki Rukmansyah. Sedangkan Benny Rhamdani didampingi oleh Direktur Dwi Anto, Direktur Yana Anusasana, Direktur Mocharom Ashadi, Kepala Biro Hukum dan Humas Hadi Wahyuningrum, Inspektur Suwedi, dan Kepala BP3MI Jawa Barat Kombes Pol Erwin Rachmat.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)