Partai Perindo Nilai Pemindahan Ibu Kota Negara Memiliki Banyak Keuntungan

Jum'at, 24 Februari 2023 - 21:58 WIB
loading...
Partai Perindo Nilai Pemindahan Ibu Kota Negara Memiliki Banyak Keuntungan
Wakil Ketua Bidang Perindustrian dan Perdagangan DPW Partai Perindo DKI Jakarta Indra Wu mengatakan pemindahan IKN akan membawa relaksasi di Jakarta. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan melakukan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur atau Nusantara pada 2024 mendatang. Pemindahan IKN itu dinilai memiliki banyak keuntungan.

Wakil Ketua Bidang Perindustrian dan Perdagangan DPW Partai Perindo DKI Jakarta Indra Wu mengatakan pemindahan IKN akan membawa relaksasi di Jakarta. Menurut dia, IKN yang tidak lagi di Jakarta akan membuat macet di kota tersebut berkurang.

“Kalau saya bilang lebih banyak untungnya, karena udah pasti macet berkurang, polusi berkurang dan kepadatan penduduk udah pasti berkurang,” ujar Indra Wu dalam Podcast Aksi Nyata Perindo bertajuk 'Bagaimana Nasib Jakarta Setelah Bukan Lagi Ibu Kota Negara?' dikutip Jumat (24/2/2023).

Indra menilai dampak itu akan berubah secara bertahap dan membutuhkan waktu selama beberapa tahun. Namun demikian, keuntungan itu akan terasa langsung di Jakarta.

“Lama-kelamaan pasti penduduk Jakarta akan berkurang, kemacetan berkurang karena lebih banyak pasti akan ke sana,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Indra juga menjelaskan bahwa pemindahan Ibu Kota ke Nusantara tidak akan mengubah dampak signifikan terhadap perputaran ekonomi di Jakarta. Hal itu lantaran, Jakarta akan tetap menjadi pusat ekonomi.

“Sama seperti di Amerika, New York pernah jadi Ibu Kota, begitu pindah ke Washington toh tetap semua ada di New York, bukan di Washington jadi kalau buat ekonomi nggak terlalu signifikan, tetap di Jakarta begitu aja,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)