Setahun Perang Rusia-Ukraina, Pembelajaran bagi Strategi Pertahanan Darat Indonesia

Jum'at, 24 Februari 2023 - 15:09 WIB
loading...
Setahun Perang Rusia-Ukraina, Pembelajaran bagi Strategi Pertahanan Darat Indonesia
Webinar Setahun Perang Rusia-Ukraina: Pembelajaran bagi Strategi Pertahanan Darat Indonesia, Kamis (23/2/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Dunia pada hari ini, 24 Februari 2023, memperingati setahun perang Rusia-Ukraina . Konflik militer tersebut diproyeksikan terus berlanjut dan bahkan memasuki babak baru.

Penasihat Senior Laboratorium Indonesia 2045 (LAB 45), Jaleswari Pramodhawardhani menjelaskan, perang Rusia-Ukraina akan memasuki babak baru. Hal itu ditandai dengan penggunaan teknologi militer jarak jauh dan modernisasi persenjataan sebagai kunci menguasai alur pertempuran.

"Babak baru dengan pengiriman bantuan militer berupa tank modern dan progres serangan militer Rusia di wilayah Timur Ukraina," katanya dalam Webinar Setahun Perang Rusia-Ukraina: Pembelajaran bagi Strategi Pertahanan Darat Indonesia, Kamis (23/2/2023).



Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri TNI AD, Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan, terdapat pembelajaran yang dapat diambil pihaknya dari perang Rusia-Ukraina, yakni meningkatkan kapasitas strategi pertahanan darat Indonesia. Pertama, penyesuaian doktrin kavaleri dan satuan kesenjataan lain yang didukung dengan latihan terintegrasi.

Kedua, penyesuaian organisasi dan gelar satuan kavaleri serta peningkatan kualitas SDM prajurit kavaleri. Ketiga, modernisasi kendaraan tempur (ranpur) berupa meriam otomatis ataupun penyertaan drone.

Mayjen TNI Yanuar juga menekankan isu yang dihadapi oleh kavaleri Indonesia adalah pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan peralatan tempur, seperti tank Leopard 2RI yang dapat terkendala akibat minimnya pengalokasian anggaran pemeliharaan dan perawatan dan diperburuk oleh perang Rusia-Ukraina.

"Kalau kita sekarang pesan suku cadang di NATO, Jerman, itu mungkin sudah habis. Saya mohon mungkin ke depan anggaran pertahanan terkait dengan harwat (pemeliharaan dan perawatan) ini segera dilaksanakan. Sampai dengan detik ini, sejak datangnya tank Leopard ke kita itu belum pernah sama sekali di-harwat," kata Mayjen TNI Yanuar Adil.

Sementara itu, Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan TNI AD, Mayjen TNI Yudhy Chandra Jaya menekankan, tiga hal yang dapat dipelajari oleh Perang Rusia-Ukraina, yakni sistem artileri, doktrin, dan penggunaan rudal kendali. Pada sistem artileri berfokus pada memastikan pasokan dan pengamanan amunisi dan logistik bahan bakar ranpur.

Adapun doktrin harus dikembangkan ke arah adaptif, modern, dan operasional seperti peperangan elektronik dan taktik artileri medan terbaru. "Terakhir, rudal kendali memainkan peran penting dalam menghalau invasi Rusia serta menciptakan momentum ofensif bagi Ukraina," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)