Riwayat Jabatan Letjen Anton Nugroho, Sosok Jenderal Bintang 3 Baru di Tubuh TNI-AD

Kamis, 23 Februari 2023 - 15:55 WIB
loading...
Riwayat Jabatan Letjen Anton Nugroho, Sosok Jenderal Bintang 3 Baru di Tubuh TNI-AD
Letnan Jenderal TNI Anton Nugroho merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Letnan Jenderal TNI Anton Nugroho merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, dia diketahui tengah mengemban amanat sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) TNI-AD.

Mengutip keterangan dari laman resmi TNI-AD, belum lama ini Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menerima laporan terkait kenaikan pangkat 55 perwira tinggi (pati) di tubuh TNI AD.

Dari sekian banyak nama, terdapat sosok Anton Nugroho yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Letnan Jenderal (bintang 3). Untuk diketahui, sebelumnya Anton yang menjabat Danpussenif TNI-AD berpangkat Mayor Jenderal (bintang 2).

Baca juga : Profil Mayjen Anton Nugroho yang Kini Jabat Danpussenif

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Anto Nugroho ini dan seperti apakah perjalanan kariernya hingga mencapai pangkat bintang 3?

Anton Nugroho lahir di Klaten, Jawa Tengah pada 27 September 1966. Dia diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1988 dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Pada jabatannya sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif), posisi ini sejatinya baru didapatkan Anton pada pertengahan Januari 2023 lalu.

Saat itu, namanya masuk dalam daftar mutasi yang tertuang pada surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tertanggal 16 Januari 2023. Anton mengisi jabatan Danpussenif menggantikan Letjen TNI Arif Rahman yang beralih tugas menjadi Dankodiklatad.

Sebelumnya, sejumlah posisi strategis lain juga pernah diduduki serdadu kelahiran Klaten ini. Pada 18 Juni 2020, dia ditunjuk untuk mengisi jabatan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Danseskoad). Posisi ini ditempati hingga 16 Januari 2023.

Melihat kembali ke belakang sebelum menjadi Danseskoad, Anton Nugroho pernah menjabat Staf Khusus KSAD periode 2016-2017. Setelahnya, dia mengisi posisi TA Pengkaji Madya Bid. Hankam Lemhnanas periode 2017-2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)