HNW Pastikan PKS Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Kamis, 23 Februari 2023 - 09:43 WIB
loading...
HNW Pastikan PKS Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024
Hari ini Majelis Syuro PKS akan mendukung dan menetapkan Anies Baswedan sebagai capres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hari ini Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) akan menyatakan dukungan dan menetapkan Anies Baswedan sebagai calon yang akan diusung pada Pilpres 2024. Dukungan dinyatakan melalui Musyawarah Majelis Syuro VIII.

"Betul, hari ini penetapan (Anies Baswedan sebagai Bacapres) oleh Majelis Syuro PKS," ujar Wakil Ketua Majelis Syuro Hidayat Nur Wahid (HNW) ketika dikonfirmasi Kamis (23/2/2023) pagi.

Politikus yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR tersebut meminta publik untuk bersabar dan menunggu penetapan Majelis Syuro PKS.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera juga membenarkan hari ini akan disampaikan pernyataan dukungan kepada Anies Baswedan. "Hari ini Majelis Syuro PKS dalam rundown acara ada penyampaian keputusan dukung Anies Baswedan," ungkap Mardani.



Sementara Juru Bicara DPP PKS Ahmad Mabruri mengatakan forum yang digelar hari ini memang Musyawarah Majelis Syuro PKS. Rencananya Anies Baswedan juga akan hadir. "Hari ini bukan Rakernas. Kalau Rakernas 24-26 Februari 2023 di Hotel Sultan," kata Mabruri.

Anies pertama kali diumuman sebagai calon presiden oleh Partai Nasdem pada 3 Oktober 2022. Deklarasi dukungan dibacakan oleh Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh. Peryataan dukungan juga diberikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Bersama PKS, Nasdem dan Demokrat menggagas Koalisi Perubahan menghadapi Pemilu 2024, termasuk di dalamnya pilpres. Koalisi tiga parpol parlemen ini telah memenuhi persyaratan presidential threshold 20 persen sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Sebab kekuatan Nasdem, Demokrat, dan PKS memiliki total 25 persen suara nasional dalam dan 28,5 persen kursi parlemen DPR Senayan berdasarkan hasil Pemilu 2019.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)