Usai 2 Jam Lebih Ngobrol dengan Surya Paloh, AHY Tegaskan Dukung Anies Nyapres

Rabu, 22 Februari 2023 - 15:17 WIB
loading...
Usai 2 Jam Lebih Ngobrol dengan Surya Paloh, AHY Tegaskan Dukung Anies Nyapres
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2023). Foto/MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh . Pertemuan yang memakan waktu sekitar dua jam lebih itu berlangsung di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Usai pertemuan, AHY menegaskan keseriusan dukungan dirinya kepada bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan. Diketahui, Demokrat bersama Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggagas Koalisi Perubahan untuk Pilpres 2024.

"Kami dalam tahapan finalisasi bahwa ketiga parpol bisa duduk bersama dalam prinsip besar, semakin intensif komunikasi menjalin chemistry dengan Anies Baswedan," ujar AHY dalam jumpa pers usai pertemuan dengan Paloh di Kantor DPP Partai Demokrat, Rabu (22/2/2023).



Dia mengatakan, kesamaan rasa antara Nasdem, PKS, dan Demokrat bersama Anies Baswedan bukan hanya ukuran rasional, tapi juga emosional dan spiritual. "Sikap dan politik partai Demokrat yang sudah kami sampaikan pada 23 Januari 2023 lalu itu resmi dan tentu bukan hanya sekadar uji coba test the water," kata AHY.

AHY menjelaskan, keputusan untuk mendukung Anies Baswedan tersebut telah dikonsultasikan dari tingkat DPP hingga akar rumput. "Tapi itu setelah melewati sebuah proses konsultasi, komunikasi yang intensif antara saya, Pak SBY, dan masukan dari berbagai internal baik tingkat pusat, daerah maupun kabupaten/kota," kata AHY.

AHY menambahkan, Nasdem, PKS, dan Demokrat akan memberikan ruang seluas-luasnya kepada Anies Baswedan dalam menentukan bakal calon wakil presiden. "Kami sepakat untuk mengusung perubahan dan perbaikan kita juga harus bisa memberikan ruang kepada saudara Anies Baswedan untuk bisa menjadi calon presiden yang juga diyakini bisa merepresentasikan gerakan perubahan tadi," pungkas AHY.

Diberitakan sebelumnya, AHY memayungi Surya Paloh ketika tiba di Kantor DPP Partai Demokrat, Rabu (22/2/2023). Gerimis turun sejak pagi tadi.

Surya Paloh turun dari mobil minivan sekitar pukul 10.52 WIB. Dia didampingi Waketum DPP Partai Nasdem Ahmad Ali dan jajaran petinggi DPP Nasdem lain.

Selain AHY, Paloh disambut Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dan sejumlah petinggi lainnya. Tidak ada pernyataan dari Surya Paloh maupun AHY. Keduanya langsung menuju ruang pertemuan menggunakan lift.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)