Jokowi Terima Menlu China di Istana, Bahas Kereta Cepat hingga IKN

Rabu, 22 Februari 2023 - 14:28 WIB
loading...
Jokowi Terima Menlu China di Istana, Bahas Kereta Cepat hingga IKN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Qin Gang di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (22/2/2023). FOTO/SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) China , Qin Gang di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (22/2/2023). Ini merupakan kunjungan resmi perdana Menlu Qin Gang sejak dilantik pada Desember 2022 lalu.

"Kunjungan ini adalah kunjungan resmi pertama Menlu RRT (Republik Rakyat Tiongkok) ke kawasan kita dan Jakarta untuk kali ini merupakan tujuan tunggal (single destination)," kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya usai pertemuan, Rabu (22/2/2023).

Terdapat beberapa hal yang disampaikan Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan Menlu Qin Gang. Salah satunya terkait peningkatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia dan China. "Di dalam hal ini perlu saya sampaikan bahwa sejauh ini RRT merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dan status perdagangan kita makin lama makin seimbang," katanya.



Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyampaikan beberapa kerja sama strategis yang perlu ditingkatkan. Dari mulai penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, pembangunan green industrial park di Kalimantan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga industri hilirisasi yang sedang dijalankan pemerintah Indonesia.

"Menlu RRT menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan atau kerja sama ekonomi dengan Indonesia termasuk untuk memperbesar impor dari Indonesia terutama untuk produk-produk pertanian," kata Retno.

Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya Indonesia dan China menjadi motor perdamaian dan stabilitas di kawasan. Menurut Jokowi, pembangunan ekonomi tidak akan dapat dilakukan tanpa adanya perdamaian dan stabilitas di kawasan. "Dalam pertemuan tadi, Menlu RRT menyampaikan dukungan kuat bagi keketuaan Indonesia di ASEAN," kata Retno.

Baca juga: Di Muktamar Muhammadiyah, Jokowi Sebut IKN Bukan Gagasannya
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)