Hasto Sindir Relawan Alihkan Dukungan: Pagi Kedelai, Sore Tempe

Minggu, 19 Februari 2023 - 15:17 WIB
loading...
Hasto Sindir Relawan Alihkan Dukungan: Pagi Kedelai, Sore Tempe
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto usai acara jalan sehat dan parade marching band Banten Religi di Alun-Alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu (19/2/2023). Foto/MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyindir manuver politik kelompok relawan Jokowi Mania (Joman). Kelompok relawan yang dipimpin oleh Immanuel Ebenezer itu menyampaikan dukungannya untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Dukungan itu disampaikan setelah Immanuel Ebenezer atau akrab disapa Noel membubarkan kelompok relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania. Dengan adanya pengalihan dukungan itu, maka Joman berubah nama menjadi Prabowo Mania 08.

"Ya kalau di Jawa itu ada pagi kedelai, sore tempe. Biasa berubah-ubah," ujar Hasto kepada wartawan saat menghadiri kegiatan jalan sehat dan parade marching band 'Banten Religi' di Alun-Alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu (19/2/2023) pagi.



Dia mengatakan, mekanisme relawan berbeda dengan partai politik yang memiliki landasan platform ideologi yang kuat. "Hanya partai yang kokoh, karena partai digerakkan oleh ideologi platform, oleh sejarah dan oleh masa depan," tuturnya.

Dia menuturkan, pengalihan dukungan atau perubahan nama kelompok relawan itu merupakan contoh bentuk pragmatisme dalam sistem politik. "Ada beberapa relawan, tidak semua, yang digerakkan oleh pragmatisme politik oleh pagi kedelai sore tempe tersebut," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania resmi membatalkan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Alasannya, kata Ganjar dianggap minim gagasan.



"Iya kita dengan ini tidak mendukung lagi Ganjar Pranowo, karena tidak adanya nilai lebih yang ditonjolkan oleh Ganjar Pranowo sebagai capres dalam hal gagasan maupun program untuk membangun Indonesia ke depannya," ujar Ketua Umum GP Mania Immanuel Ebenezer di Kantor DPP JoMan di Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023).

Selain itu, kata dia, penampilan Ganjar di media sosial dan dalam kehidupan langsung berbeda terbalik dan tidak seperti yang dipikirkan banyak orang. Setelah membubarkan GP Mania, Noel relawan Joman mendatangi rumah Prabowo Subianto di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (16/2/2023).

Usai pertemuan, para relawan Joman berganti pakaian termasuk Immanuel Ebenezer menjadi Prabowo Mania 08. Mereka pun menyatakan dukungannya kepada Prabowo untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024. Prabowo saat itu mengaku terkejut karena relawan Joman tiba-tiba mengganti pakaiannya sebagai bentuk dukungan untuk dirinya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)