Restrukturisasi TNI AD: 96 Jabatan Bakal Turun Pangkat, 25 Dihapus

Kamis, 16 Februari 2023 - 15:06 WIB
loading...
Restrukturisasi TNI AD: 96 Jabatan Bakal Turun Pangkat, 25 Dihapus
Kadispenad Brigjen TNI Hamim Thohari mengatakan, saat ini terdapat 121 jabatan perwira tinggi (pati) yang akan direstrukturisasi. Foto/MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Darat (AD) berencana melakukan evaluasi organisasi. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan efisiensi kinerja. Salah satunya dengan melakukan restrukturisasi jabatan.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Thohari mengatakan, saat ini terdapat 121 jabatan perwira tinggi (pati) yang akan direstrukturisasi. Dengan rincian 96 jabatan akan turun pangkat, dan 25 jabatan dihapus.

"Jadi memang ini masih usulan Angkatan Darat, berdasarkan oleh evaluasi kinerja organisasi selama ini, Angkatan Darat merasa ada kepentingan untuk melakukan efisiensi kinerja organisasi. Itu di satu sisi menguatkan salah satu fungsi utama Angkatan Darat yang sekarang, yaitu pembinaan teritorial (Binter)," kata Hamim di Mabesad, Jakarta, Kamis (16/2/2023).



"Sehingga terkait dengan efisiensi organisasi ini, pimpinan TNI AD berpikir bahwa ada beberapa jabatan yang selama ini dipegang pati bintang 3, diturunkan menjadi pati bintang 2, termasuk juga pati bintang 2, mungkin nanti ada yang turun jadi bintang 1," sambungnya.

Hamim menjelaskan jika jabatan yang selama ini dipimpin bintang satu, dapat diturunkan dan dijabat oleh kolonel. Namun, hal tersebut dilakukan ketika pati yang lama telah selesai mengemban jabatannya.



Hamim mencontohkan, jabatan Kepala Rumah Sakit Pusat AD (RSPAD) Gatot Soebroto saat ini dijabat Letjen dr. A Budi Sulistya yang merupakan bintang tiga dapat dipimpin oleh pejabat bintang dua (Mayjen) ketika rencana restrukturisasi itu disetujui. Namun tetap menunggu Letjen dr. A Budi Sulistya menyelesaikan masa tugasnya.

"Contoh Kepala RSPAD sekarang bintang 3, terus apakah nanti pangkatnya diturunkan jadi bintang 2? Tidak begitu. Artinya dibiarkan ini sampai beliau selesai, kemudian untuk pejabat barunya nanti kalau memang ini disetujui maka pejabat berikutnya bintang dua," kata Hamim.

Sementara itu, 25 jabatan yang akan dihapus antara lain di tingkat asisten dan wakil asisten. Saat ini, pihaknya juga tengah menggodok rencana setiap provinsi di Indonesia akan memiliki Markas Komando Daerah Militer (Kodam). Nantinya, dari 121 Pati yang mengalami restrukturisasi, 66 di antaranya akan diarahkan untuk mengisi jabatan di Kodam baru.

"Keseluruhan jumlahnya kurang lebih 121 (jabatan yang direkonstruksi). Dari 121 itu, nanti 66 akan diarahkan untuk mengisi jabatan di Kodam yang baru, kalau misalkan nanti usulan pembentukan Kodam yang baru disetujui oleh pemerintah," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)