Usulkan Kodam Baru di Setiap Provinsi, Jenderal Dudung: Panglima TNI Sudah Setuju

Jum'at, 10 Februari 2023 - 21:40 WIB
loading...
Usulkan Kodam Baru di Setiap Provinsi, Jenderal Dudung: Panglima TNI Sudah Setuju
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengusulkan agar setiap provinsi di Indonesia memiliki Kodam. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengusulkan agar setiap provinsi di Indonesia memiliki Komando Daerah Militer (Kodam). Usulan tersebut, telah disetujui Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Selanjutnya, usulan akan diteruskan ke pemerintah dalam hal ini yakni Kementerian Pertahanan (Kemhan). "Panglima TNI sudah setuju, nanti setiap provinsi akan ada Kodam. Ini nanti kita usulkan kepada Panglima TNI, sudah kita usulkan," kata Dudung saat seusai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AD di Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2023).

"Panglima TNI nanti mengusulkan kepada Kemhan. Kemhan nanti akan mengusulkan kepada Menpan RB. Tentunya nanti juga akan dibicarakan dengan Menteri Keuangan (Menkeu)," katanya.



Rencananya, pembangunan Kodam di setiap Provinsi adalah untuk menyesuaikan kekuatan yang ada di setiap daerah. Seperti instansi kepolisian yang memiliki polda di setiap provinsinya. "Karena polisi dulu tipe C Kolonel, tipe B bintang satu, tipe A bintang dua, sekarang semua sudah tipe A semua bintang dua semua. Sementara di tempat kami provinsi masih ada yang Kolonel, hingga nanti seimbanglah," katanya.

Dudung menambahkan, jika pemerintah mengabulkan usulan tersebut, ia menargetkan pembentukan kodam di setiap Provinsi akan terealisasi secara bertahap pada tahun ini termasuk pembangunan kodam di Daerah Otonom Baru (DOB Papua).



"Tahun ini, mudah-mudahan lebih cepat lebih bagus karena sudah kita usulkan. Tahun ini, kan itu tinggal mindahkan, contoh Korem Lampung dari Danrem Bintang satu tinggal jadikan Pangdam di situ, nanti Danrem jadi Kasdam. (untuk DOB) provinsi baru bertahap kalau itu karena bangunan juga belum ada," ucapnya.

Seperti diketahui, TNI AD saat ini memiliki 15 Kodam di seluruh Indonesia. Antara lain, Kodam I I/Bukit Barisan, Kodam II/Sriwijaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya, Kodam VI/Mulawarman, dan Kodam IX/Udayana

Selain itu, Kodam XII/Tanjungpura, Kodam XIII/Merdeka, Kodam XIV/Hasanuddin, Kodam XVI/Pattimura, Kodam XVII/Cenderawasih, dan Kodam XVIII/Kasuari, Kodam Jaya dan Kodam Iskandar Muda.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)