KPK Respons Desakan Massa PB KAMI agar Firli Bahuri Diperiksa Imbas Poster Diduga Kampanye di Satu Abad NU

Rabu, 15 Februari 2023 - 21:48 WIB
loading...
KPK Respons Desakan Massa PB KAMI agar Firli Bahuri Diperiksa Imbas Poster Diduga Kampanye di Satu Abad NU
Massa dari Pengurus Besar Komunitas Aktivis Muda Indonesia (PB KAMI) mendesak Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mundur dari jabatannya. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Nama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sedang menjadi perbincangan. Pasalnya, wajah Firli terpampang di beberapa baliho pada perayaan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) di Sidoarjo, Jawa Timur.

Bahkan, hal itu pun dikecam oleh massa dari Pengurus Besar (PB) Komunitas Aktivis Muda Indonesia (KAMI). Mereka meminta Dewan Pengawas (Dewas) KPK untuk segera memeriksa Firli terkait masalah itu.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara KPK Ali Fikri mengaku tidak tahu menahu terkait poster wajah Firli yang terpampang di perayaan satu abad NU. KPK, kata dia, juga tidak memiliki program tersebut.



"Yang pasti kalau dari KPK, tidak ada program semacam itu (pemasangan baliho Ketua KPK). Tidak ada KPK punya program semacam itu," ujar Ali kepada MPI, Rabu (15/2/2023).

Dia melanjutkan, KPK bersifat kolektif kolegial, sehingga bila ada baliho maupun poster yang bernada kampanye, dipastikan bukanlah KPK yang membuatnya. "KPK tidak pernah punya program poster-poster semacam itu. Karena kepemimpinan KPK kolektif kolegial," tuturnya.

"Pimpinan KPK tidak ada kaitannya dengan kegiatan tersebut. Bahkan pimpinan KPK tidak menghadiri kegiatan 1 abad NU di sidoarjo tersebut," sambungnya.

Terkait adanya demonstrasi memeriksa Firli bahkan mendesak Firli untuk mundur, Ali tak mau berdalih banyak. Menurutnya, itu adalah bagian dari penyampaian aspirasi.

"Kami tidak ingin tanggapi setiap penyampaian aspirasi. Karena kebebasan berpendapat itu dijamin UU," pungkasnya.

Diketahui, massa dari PB KAMI menggelar unjuk rasa di depan Gedung KPK, Jakarta, Rabu (15/2/2023) siang. Para aktivis berseragam putih merah itu melakukan orasi bergantian dari atas mobil komando yang dilengkapi pengeras suara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)