Kemendagri Terus Monitoring dan Evaluasi untuk Percepat Realisasi APBD 2022

Senin, 13 Februari 2023 - 14:05 WIB
loading...
Kemendagri Terus Monitoring dan Evaluasi untuk Percepat Realisasi APBD 2022
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian dalam Negeri ( Kemendagri ) terus melakukan langkah percepatan realisasi APBD 2022. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri , Agus Fatoni.

"Monitoring, evaluasi, dan asistensi yang terus menerus dilakukan Kemendagri bersama dengan kementerian/lembaga lain menjadi kekuatan dalam mendorong percepatan realisasi APBD," kata Agus dalam keterangannya, Senin (13/2/2023).

"Begitu juga rapat koordinasi yang digelar secara rutin di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota turut mempercepat realisasi APBD," tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan Agus, faktor leadership juga turut berperan penting dalam meningkatkan realisasi APBD. Baca juga: Mendagri Apresiasi Capaian Realisasi APBD 2021 Provinsi Riau

"Berdasarkan hasil monev (monitoring dan evaluasi) kami, kepala daerah dan kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ikut menentukan percepatan realisasi APBD. Kalau KDH (kepala daerah) dan kepala OPD-nya paham, kemudian rutin menggelar rapat dan melakukan monev, umumnya realisasi APBD-nya cukup bagus," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan, realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022 meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Mendagri dalam acara Entry Meeting Atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2022, yang diselenggarakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Gedung Tower BPK RI, Jakarta, Kamis (9/2/2023).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)